Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (non medis) pada Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar = The Effect of the Work Environment on Employee Performance (non-medical) at the Regional General Hospital Labuan Baji Makassar


Aljabar An, Aljabar An (2023) Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (non medis) pada Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar = The Effect of the Work Environment on Employee Performance (non-medical) at the Regional General Hospital Labuan Baji Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191053_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E011191053_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191053_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191053_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu faktor yang mendukung Pegawai dalam mengerjakan pekerjaannya secara optimal adalah lingkungan kerja. Dengan memperhatikan faktor lingkungan kerja akan mampu memberikan kepuasan kepada pegawai terhadap pekerjaan yang dilakukan dan memberikan rasa kesan yang mendalam bagi pegawai yang pada akhirnya pegawai akan mempunyai kinerja yang baik. Keberhasilan seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya akan mengarahkan penetapan pada kinerja pegawai itu sendiri yang kemudian kinerja pegawai akan berdampak pada kinerja instansinya. Pegawai yang memiliki kinerja yang baik akan memberikan kontribusi yang besar ke instansinya. Sebaliknya, jika kinerja seorang pegawai menurun maka dapat berdampak buruk pada instansinya.
Tujuan Penelitian ini Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai (non medis) pada RSUD Labuang Baji Makassar. Bentuk penelitian ini menggunakan kausalitas dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai (non medis) pada RSUD Labuang Baji, dikarenakan populasi dalam penelitian ini relative kecil maka dari itu metode sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh dengan mengambil seluruh populasi menjadi sampel dalam hal ini berjumlah 90 orang pegawai. Data yang digunakan adalah data primer berupa kusioner lingkungan kerja dan kinerja, kemudian dianalisis menggunakan Uji Chi-Square.
Berdasarkann hasil uji statistic chi-square yang dilakukan terhadap pegawai tentang Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai (non medis) pada Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar ditemukan nilai p value 0,022 yang berarti < α 0,05 maka Hipotesis yang diajukan pada penelittian ini diterima, berdasarkann hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variable lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai (non medis) di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar.

Keywords : Lingkungan kerja, Kinerja pegawai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Work environment, Employee performance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:32
Last Modified: 18 Sep 2023 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27634

Actions (login required)

View Item
View Item