Rahmadani. S, Sabrina Suci (2023) Analisis Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji = Analysis of Patient Satisfaction of BPJS Kesehatan Users towards Services at the Labuang Baji Regional General Hospital. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E011191037_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg
Download (261kB) | Preview
E011191037_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
E011191037_skripsi_03-05-2023 dp.pdf
Download (1MB)
E011191037_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Sabrina Suci Rahmadani. S (E011191037) dengan skripsi berjudul “Analisis Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji” i + 87 Halaman + 37 gambar + 12 Tabel + 30 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Muh. Tang Abdullah, S.Sos., M.A.P. dan Drs. Nelman, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Di RSUD labuang Baji. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2007).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien pengguna BPJS Kesehatan rawat inap dan rawat jalan di RSUD Labuang Baji. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dalam penelitian ini berupa editing, koding, data entry,dan transfering serta analisis data yang digunakan yakni analisis statistif deskriptif untuk mendapatkan presentase mengenai kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan terhadap pelayanan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kepuasan pasien secara keseluruhan pasien pengguna BPJS yang merasa puas sebanyak 121 responden atau 96,8% termasuk dalam kategori Puas. Hasil penelitian menunjukkan diantara 4 (empat) indikator kepuasan pasien terdapat 2 (dua) indikator yang memiliki presentase puas tertinggi yaitu pada indikator kepuasan terhadap akses layanan kesehatan dan kepuasan terhadap mutu layanan kesehatan.
Keywords : Kepuasan Pasien, Pasien Pengguna BPJS Kesehatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Patientsatisfaction, BPJS Kesehatan User Patients |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 05:46 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27631 |