INOVASI PELAYANAN APLIKASI TOPEJAWA HEBAT DI DESA TOPEJAWA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR = TOPEJAWA HEBAT APPLICATION INNOVATION IN TOPEJAWA VILLAGE MANGARABOMBANG DISTRICT TAKALAR DISTRICT


Amalia, Resky (2023) INOVASI PELAYANAN APLIKASI TOPEJAWA HEBAT DI DESA TOPEJAWA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR = TOPEJAWA HEBAT APPLICATION INNOVATION IN TOPEJAWA VILLAGE MANGARABOMBANG DISTRICT TAKALAR DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191029_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E011191029_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191029_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191029_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
Resky Amalia (E011191029). Inovasi Pelayanan Aplikasi Topejawa Hebat di Desa Topejawa Keecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. XV + 82 Halaman + 8 Gambar + 3 Tabel + 24 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Drs. Muhammad Yunus, M.A dan Drs. Nelman Edy,Msi.

Pelayanan publik merupakan suatu hakikat dari pemenuhan hak-hak yang dimiliki masyarakat dalam suatu Negara. Seiring perkembangan teknologi informasi, dan komunikasi serta pendidikan masyarakat, tuntutan terkait pelayanan publik pun semakin beragam, kemudahan dalam proses pelayanan serta kefektifan dan efisieansi dalam pelayanan. Pemerintahan menerapkan E-Government sebagai salah satu tahap yang ditempuh dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam melaksanakan pelayanan publik untuk masyarakat. Sebagai bentuk inovasi dalam pelayanan publik sejumlah daerah di Indonesia melakukan inovasi pelayanan publik berbasis Elektronik untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Govenance) Salah satunya adalah Desa Topejawa Kecamatan Mangarabombag Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan sebagai bentuk upaya untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Inovasi pelayanan aplikasi Topejawa Hebat di Desa Topejawa Kecamatan mangarabombang kabupaten Takalar . Data pada penelitian ini mengunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan informan/narasumber serta observasi langsung yang dilakukan peneliti dan data sekunder yang bersumber dari dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan aplikasi Topejawa Hebat Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar yang diukur menggunakan teori indikator keberhasilan E-Governance menurut hasil kajian dan riset dari Harvard JFK School of Government (dalam Richardus, 2016 :11) yakni elemen sukses penerapan E-Governance Support (dukungan), Capacity (Kemampuan), Value (Nilai Kebermanfaatan). Pelayanan aplikasi Topejawa Hebat cukup berhasil karena telah hampir memenuhi seluruh indikator pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat meskipun belum optimal karena masih terdapat masyarakat yang melakukan pelayanan secara offline atau datang langsung ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan serta kurang memadainya salahsatu server yang digunakan karena masih sering mengalami down atau mati sehingga pelayanan persuratan secara online belum berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Pelayanan, E-Government, Inovasi, Aplikasi Topejawa Hebat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service, E-Government, Innovation, Topeja Hebat Application
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:32
Last Modified: 18 Sep 2023 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item
View Item