Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa = Work Discipline of Employees of the Personnel and Human Resources Development Agency (BKPSDM) in Gowa Regency


Asriana, Asriana (2023) Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa = Work Discipline of Employees of the Personnel and Human Resources Development Agency (BKPSDM) in Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191025_skripsi_22-05-2023 cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E011191025_skripsi_22-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191025_skripsi_22-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191025_skripsi_22-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Asriana (E011191025). Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa. XVI + 81 halaman + 2 Gambar + 4 Tabel + 34 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Prof. Dr. Hamsinah, M.Si., dan Dr. Badu Ahmad, M.Si.
Disiplin kerja pegawai adalah menaati kehadiran dan kepulangan sesuai jam kerja yang telah ditentukan dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan atasan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab ASN terhadap tugas yang diberikan. Disiplin pegawai sangat penting dan perlu diperhatikan karena semakin baik disiplin pegawai maka akan semakin tinggi kinerja yang dicapai. Oleh karena itu penegakan disiplin kerja pegawai sangat penting dilakukan bagi pegawai terkhusus pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa yang berpengaruh terhadap pemberian layanan dan juga sebagai cerminan bagi instansi lain dalam meningkatkan kedisiplinan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penegakan Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari hasil wawancara langsung dengan informan/narasumber serta observasi langsung yang dilakukan peneliti dan data sekunder yang berasal dari dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Gowa yang diukur menggunakan 3 (Tiga) indikator menurut Robbins dalam (Kristanti et al., 2019:8) yaitu disiplin waktu, disiplin peraturan yang belum berjalan dengan baik, karena masih terdapat pegawai yang telat datang ke Kantor, tidak taat terhadap aturan jam masuk kerja. Selain itu disiplin tanggung jawab yang sudah terlaksana dengan baik terbukti pegawai mendapat respon yang baik dari penerima layanan. Berbagai upaya dilakukan pimpinan untuk membentuk pegawai BKPSDM agar tetap disiplin dan juga ada berbagai harapan dari pihak eksternal untuk disiplin kerja pegawai yang lebih baik kedepannya. Namun Pegawai BKPSDM Gowa perlu memiliki kesadaran akan pentingnya disiplin ASN yang berpengaruh terhadap karir dan kinerjanya ke depan sehingga indisipliner tidak dicontoh oleh instansi lain.Pemimpin harus menindak tegas pegawai yang melakukan pelanggaran agar mendapat efek jera dan tidak mengulangi kesalahannya lagi sebagai loyalitas terhadap instansi.

Kata Kunci : Disiplin Kerja, Pegawai, BKPSDM Kabupaten Gowa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Work Discipline, Employees, BKPSDM Gowa Regency
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:45
Last Modified: 18 Sep 2023 05:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27629

Actions (login required)

View Item
View Item