Analisis Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng = Analysis of Work Discipline of the State Civil Apparatus (ASN) at the Regional Secretariat of Soppeng Regency


Amriani, Sri (2023) Analisis Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng = Analysis of Work Discipline of the State Civil Apparatus (ASN) at the Regional Secretariat of Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191005_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E011191005_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191005_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191005_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Sri Amriani (E011191005). Analisis Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng. XIII + 94 halaman + 2 Gambar + 3 Tabel + 30 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Muhammad Rusdi dan Muh. Tang. Abdullah.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun fokus penelitian yaitu didasarkan pada 8 indikator disiplin kerja menurut Malayu S. P. Hasibuan (2010:194) yakni tujuan dan kemampuan, teladan pemimpin, balas jasa, keadilan, waskat, sanksi hukuman, ketegasan dan hubungan kemanusiaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng sudah dilaksanakan cukup baik, namun perlu ditingkatkan dalam beberapa aspek indikator. Berdasarkan hasil peneliti diantaranya: 1) tujuan dan kemampuan, indikator ini telah terlaksana dengan baik, artinya pegawai telah maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan di bidangnya masing-masing. 2) teladan pemimpin, indikator ini sudah sesuai. Dimana pemimpin sudah memiliki gaya kepemimpinan yang baik untuk dijadikan teladan oleh bawahannya. 3) balas jasa, dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, namun masih terdapat pegawai yang merasa imbalan yang diterima masih belum sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dijalani. 4) keadilan, sudah baik, aturan diberlakukan sama untuk semua ASN tanpa dibeda-bedakan. Namun, dalam hal tupoksi tugas terdapat satu bidang yang mengalami keringanan pekerjaan dan bidang lain yang menyelesaikan pekerjaan tersebut menjadi kewalahan. 5) Waskat, belum terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan, sebab masih banyak pegawai yang belum disiplin. 6) sanksi hukuman, sudah diberlakukan sesuai aturan yang berlaku. 7) ketegasan, indikator ini terlaksana dengan baik. ASN merasa puas akan ketegasan pimpinan. 8) Hubungan kemanusiaan, indikator ini telah terlaksana dengan baik. Sebab dalam bekerja pegawai menjungjung tinggi sikap saling menghargai dan membantu dalam pekerjaan.

Kata Kunci : Disiplin Kerja, ASN, Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Work Discipline, ASN, Regional Secretariat of Soppeng Regency
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:33
Last Modified: 18 Sep 2023 05:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27623

Actions (login required)

View Item
View Item