PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN KENYAMANAN TERHADAP MINAT PERILAKU NASABAH DAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI UNIT PT.BANK RAKYAT INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR AHMAD YANI


Fatimah, A. Tenri Nur (2020) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN KENYAMANAN TERHADAP MINAT PERILAKU NASABAH DAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI UNIT PT.BANK RAKYAT INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR AHMAD YANI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012182029_tesis_23-10-2020_Hal._Judul1.jpg

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
A012182029_tesis_23-10-2020_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A012182029_tesis_23-10-2020_Daftar_Pustaka_dan_Lamp..pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012182029_tesis_23-10-2020 ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Dunia perbankan adalah bisnis yang sangat mempengaruhi basis perekonomian, dengan kondisi meningkatnya pengguna internet dari tahun ke tahun, dunia bisnis, termasuk sektor perbankan juga memanfaatkan media internet dalam melakukan kegiatan bisnis. Penelitian yang akan dilakukan saat ini berfokus pada penggunaan Internet Banking pada nasabah BRI Unit_Unit Cabang Makassar Ahmad Yani. Proses penyebaran kuesioner memerlukan waktu selama satu bulan. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden lebih banyak perempuan yaitu 192 responden (52,3%) dibandingkan perempuan 175 responden (47,7%), yang berumur 21-30 tahun sebanyak 145 responden (39,5%), dengan pekerjaan paling banyak Wiraswasta/pedagang 237 responden (64,6%).
Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas (eksegenus) adalah kegunaan (X1), Kemudahan (X2), kepercayaan (X3) dan Kenyamanan (X4) sedangkan variabel terikat (endogenus) yang diteliti yaitu minat menggunakan (Y1) dan keputusan menggunakan (Y2). Hasil peneltian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegunaan terhadap minat menggunakan internet banking. Semakin tinggi persepsi kegunaan nasabah, maka semakin tinggi minat menggunakan Internet banking karena nasabah berkeyakinan bahwa penggunaan Internet banking tersebut dapat memberikan pengaruh positif dan dapat meningkatkan dalam bertransaksi bisnis. Hasil peneltian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kepercayaan terhadap minat menggunakan internet banking. Diharapkan untuk selalu memperbaharui sistem Internet banking yang digunakan, baik dari segi jenis transaksi maupun tampilan sistem dan melakukan inovasi fasilitas-fasilitas baru, agar semakin memberikan manfaat langsung, mengurangi tingkat kesulitan maupun kerumitan transaksi dan memperudah pengoperasian sistem sehingga nasabah dapat lebih mudah dalam bertransaksi menggunakan Internet banking.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 01 Dec 2020 06:55
Last Modified: 01 Dec 2020 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item
View Item