PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR AWAM SISWA PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4  BANTIMURUNG-MAROS


Syam, Rahmawati (2023) PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR AWAM SISWA PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4  BANTIMURUNG-MAROS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
R011181503_skripsi_15-05-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181503_skripsi_15-05-2023 cover1.png

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R011181503_skripsi_15-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R011181503_skripsi_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Rahmawati Syam R011181503.“PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR AWAM SISWA PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4  BANTIMURUNG-MAROS” dibimbing oleh Syahrul Ningrat dan Faramitha Rahman.

Latar belakang: Pada AHA 2020 mengakatakan bahwa terdapat kurang dari 40% masyarakat awam memberikan pertolongan pertama dan kurang dari 12% yang menggunakan AED kemungkinan besarnya mereka enggan memberi pertolongan seperti Resusitasi Jantung Paru (RJP),  karena bingung dan takut melakukan kesalahan. Kejadian henti jantung dan henti nafas juga dapat terjadi disekolah, maka dari itu pengetahuan mengenai bantuan hidup dasar sangat penting. Sekolah menengah atas memilik organisasi Palang Merah Remaja  yang berperan penting melakukan pertolongan pertama saat menemui Siswa pingsan dengan atau tanpa henti jantung dan henti nafas. Oleh karena itu, diperlukan tindakan intervensi untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi anggota PMR tentang pertolongan pertama terutama melalui pendidikan.
Tujuan: Untuk melihat pengaruh edukasi terhadap peningkatan pengetahuan bantuan hidup dasar pada Siswa Palang Merah Remaja SMAN 4 Bantimurung-Maros.
Metode: Eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimen design menggunakan One group pre-post test dengan teknik pengambilan sampel, population sampling dengan jumlah populasi sebanyak 47   Siswa. Hasil Analisa dengan uji paired sampel t Test menggunakan program SPSS 26.
Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan setelah diedukasi dengan hasil  Uji Paired Sampel t Test (sign= 0,000 ; α <0,005) nilai sign lebih kecil dibanding nilai α, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh setelah diedukasi.
Kesimpulan dan Saran: Terdapat pengaruh edukasi terhadap peningkatan pengetahuan Siswa. Sebelum diedukasi dan setelah diedukasi. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk sekolah mengajarkan bantuan hidup dasar keseluruh Siswa ataupun guru dan dan dapat menjadi bahan baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Edukasi, Pengetahuan BHD, PMR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:26
Last Modified: 16 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27537

Actions (login required)

View Item
View Item