PERBANDINGAN PENGUKURAN ORTOPANTOMOGRAFI X-RAY TERHADAP PENGGUNAAN STEREOLITOGRAFI PADA REKONSTRUKSI MANDIBULA = COMPARISON OF X-RAY ORTOPANTOMOGRAPHY MEASUREMENTS ON THE USE OF STEREOLITOGRAPHY IN MANDIBULAR RECONSTRUCTION


Rum, Fadli (2023) PERBANDINGAN PENGUKURAN ORTOPANTOMOGRAFI X-RAY TERHADAP PENGGUNAAN STEREOLITOGRAFI PADA REKONSTRUKSI MANDIBULA = COMPARISON OF X-RAY ORTOPANTOMOGRAPHY MEASUREMENTS ON THE USE OF STEREOLITOGRAPHY IN MANDIBULAR RECONSTRUCTION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J045182008_tesis_06-06-2023 cover1.jpg

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
J045182008_tesis_06-06-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J045182008_tesis_06-06-2023 dp.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J045182008_tesis_06-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2025.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Rekonstruksi mandibula adalah prosedur bedah yang paling utama dilakukan dalam penatalaksaanan pasien ameloblastoma. Dengan membandingkan OPG X-Ray sebelum dan setelah operasi kita dapat menganalisis serta mengukur sejauh mana perubahan yang didapatkan setelah prosedur rekonstruksi mandibula.
Tujuan: Untuk melihat adanya perubahan ukuran pada sudut angulus mandibula kanan, lebar bi-gonial, tinggi ramus kanan dan panjang korpus mandibula kanan pada pasien dengan posisi tumor primer dextra. Serta perubahan ukuran pada sudut angulus mandibula kanan dan kiri, panjang korpus mandibula kanan dan kiri pada pasien dengan posisi tumor primer anterior. Dan juga perubahan ukuran pada sudut angulus mandibula kiri, lebar bi-gonial, tinggi ramus kiri dan panjang korpus mandibula kiri pada pasien dengan posisi tumor primer sinistra. Yang dilakukan pada OPG X-Ray sebelum dan setelah operasi rekonstruksi mandibula.
Metode: Sebanyak 19 pasien ameloblastoma dengan tindakan rekonstruksi mandibula yang terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan OPG X-Ray sebelum operasi. Setelah tindakan operasi, pasien dilakukan pemeriksaan OPG X-Ray untuk mengevaluasi hasil operasi. Kami melakukan perbadingan pengukuran linier dan angular mandibular menggunakan perangkat lunak open source Fiji ImageJ pada OPG X-Ray sebelum dan setelah operasi.
Hasil: Pengukuran linear dan angular mandibula berbeda signifikan pada pasien yang dipasangkan plat setelah operasi dibandingkan dengan sebelum operasi pada posisi tumor primer dextra, anterior, dan sinistra.
Kesimpulan: OPG X-Ray dapat membantu dalam memprediksi awal simetris wajah yang ideal pada pasien ameloblastoma dengan melihat posisi tumor primernya serta dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil operasi yang dilakukan. Perencanaan yang optimal menggunakan stereolitografi dapat memberikan hasil rekonstruksi mandibula yang akurat sehingga membantu meningkatkan hasil operasi.

Keywords : Ameloblastoma, ImageJ, Ortopantomografi X-Ray, Rekonstruksi Mandibular, Stereolitografi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ameloblastoma, ImageJ, Mandibular Reconstruction, Ortopantomografi X-Ray, Stereolitography
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:42
Last Modified: 16 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27528

Actions (login required)

View Item
View Item