EFEKTIFITAS MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA IV DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN


LIANTANTY, FIRDA (2019) EFEKTIFITAS MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA IV DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_P102181053_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_P102181053(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_P102181053(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_P102181053(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract (Abstrak)

FIRDA LIANTANTY. Efektivitas Modul Asuhan Persalinan Kala IV terhadap Peningkatan Keterampilan Mahasiswa D-III Kebidanan (Dibimbing Oleh Prastawa Budi Dan Mardiana Ahmad).
Latar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran terkait erat dengan peran dosen/pembimbing pada lingkungan klinik yang bertujuan mendorong kemandirian dan kepercayaan diri mahasiswa, untuk menciptakan proses pebelajaran yang baik adalah dengan mendesain pengembangan bahan ajar, salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah modul. Modul adalah media yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan dapat menentukan waktu belajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul dengan metode preceptorship terhadap peningkatan keterampilan asuhan persalinan kala IV mahasiswa D-III Kebidanan pada mata kuliah asuhan persalinan.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen (Pre–test post–test control group design). Populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah asuhan persalinan dengan jumlah 141 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel sebanyak 141 mahasiswa semester II di STIKES Program Studi D-III Kebidanan Pelamonia Kesdam VII Wirabuana, sebelumnya dilakukan pre-test terhadap keterampilan asuhan persalinan kala IV kemudian dilakukan pembagian modul terlebih dahulu selanjutnya dilakukan metode preceptorship selama 3 kali pertemuan dengan waktu 2x50 menit pada tiap pertemuan. Pada akhir pertemuan dilakukan post-test. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, nilai (p=0.000, p<0.05 meningkatkan keterampilan mahasiswa D-III Kebidanan semester II tentang asuhan persalinan kala IV pada kelompok modul dan metode preceptorship dibandingkan kelompok demontrasi dan modul.
Kesimpulan: Hasil analisis data dan hasil evaluasi pada modul dan metode preceptorsip terjadi peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan asuhan persalinan kala IV pada mahasiswa D-III Kebidanan.
Kata kunci: Modul, Metode Preceptorship, Demonstrasi, Asuhan Persalinan Kala IV, Keterampilan, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Feb 2021 16:17
Last Modified: 26 Feb 2021 16:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item
View Item