ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MANFAAT SISTEM INFORMASI


Alianso, Richard Donaldy (2023) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MANFAAT SISTEM INFORMASI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 cover1.png]
Preview
Image
TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 cover1.png

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 dp.pdf] Text
TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 1-2.pdf] Text
TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020_compressed.pdf] Text
TESIS RICHARD DONALDY ALIANSO_A062211020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi
(SAKTI) serta dampaknya terhadap kinerja individu dan kinerja organisasi dengan pendekatan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean.
Penelitian ini dilakukan pada wilayah kerja KPPN Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini adalah penelitian causal explanatory dengan
pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang diisi secara lengkap oleh 237 user SAKTI. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dipengaruhi oleh ekspektansi kinerja, pengaruh sosial,
kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, dan kualitas desain interaksi.
Namun, kondisi-kondisi pemfasilitasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Di samping itu, kepuasan pengguna berpengaruh posistif terhadap manfaat sistem informasi pada tingkat individu maupun organisasi. Pengujian
efek mediasi menunjukkan bahwa pada tingkat individu kepuasan pengguna dapat memediasi pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas desain interaksi terhadap manfaat sistem informasi. Sementara di tingkat organisasi, kepuasan pengguna dapat memediasi pengaruh ekspektasi kinerja, pengaruh
sosial, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas desain interaksi. Berdasarkan hal itu, organisasi patut memperhatikan bagaimana suatu sistem informasi dapat menunjang peningkatan produktivitas dan performa kerja serta bagaimana kerja sama dibangun oleh berbagai elemen organisasi. Di samping itu, organisasi perlu juga memperhatikan tingkat teknologi informasi
sistem tersebut dalam penyelesaian pekerjaan, serta peningkatan efektivitas pengambilan keputusan yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:17
Last Modified: 09 Aug 2023 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item
View Item