PENGARUH JENIS PAKAN ALAMI TERHADAP PRODUKSI EMBRIO DAN LARVA Oryzias celebensis (MEDAKA CELEBES) UNTUK STUDI EKOTOKSIKOLOGI = The Effect of Natural Feed Types on Larvae and Embryos Production of Oryzias celebensis (Celebes Medaka) for Ecotoxicology Studies


Gandhi, Muhammad (2023) PENGARUH JENIS PAKAN ALAMI TERHADAP PRODUKSI EMBRIO DAN LARVA Oryzias celebensis (MEDAKA CELEBES) UNTUK STUDI EKOTOKSIKOLOGI = The Effect of Natural Feed Types on Larvae and Embryos Production of Oryzias celebensis (Celebes Medaka) for Ecotoxicology Studies. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L21116516_skripsi_22-05-2023 cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
L21116516_skripsi_22-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (965kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L21116516_skripsi_22-05-2023 dp.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L21116516_skripsi_22-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Gandhi. L211 16 516. “Pengaruh Jenis Pakan Alami Terhadap Produksi Larva dan Embrio ikan Oryzias celebensis (Medaka Celebes) Untuk Studi Ekotoksikologi” dibimbing oleh Khusnul Yaqin sebagai pembimbing utama dan Nita Rukminasari sebagai pembimbing pendamping.

Oryzias celebensis merupakan salah satu jenis ikan asli yang ada di Sulawesi Selatan. Oryzias celebensis sering dijadikan sebagai salah satu hewan uji di bidang ekotoksikologi. Selain pada ikan dewasa, embrio Oryzias celebensis juga telah banyak digunakan sebagai hewan uji di bidang ekotoksikologi. Oleh karena itu perlu upaya untuk memproduksi embrio dan larva Oryzias celebensis di laborartorium. Salah satu faktor yang mempengaruhi produksi embrio dan larva ikan ialah kuaitas pakan yang diberikan selama pemeliharaan. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menganalisis pengaruh jenis pakan alami terhadap produksi embrio dan larva Oryzias celebensis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan tiga jenis pakan alami yang berbeda dengan lima kali pengulangan. Parameter penelitian yang diamati meliputi jumlah telur, derajat pembuahan dan derajat penetasan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik One-way ANOVA. Berdasarkan hasil pengujian uji statistik One-way ANOVA menunjukkan bahwa jenis pakan alami yang diberikan tidak terdapat perbedaan yang nyata (P>0,05) terhadap jumlah telur, derajat pembuahan dan derajat penetasan embrio Oryzias celebensis. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pakan alami Tubifex sp, Artemia sp dan Daphnia sp efektif dalam memproduksi jumlah telur dan larva ikan Oryzias celebensis.

Keywords : Orizyas celebensis, ekotoksikologi, embrio, larva, Tubifex sp, Artemia sp, Daphnia sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orizyas celebensis, ecotoxicology, embryos, larvae, Tubifex sp, Artemia sp, Daphnia sp
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:46
Last Modified: 09 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item
View Item