MAKANAN PANTANGAN PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK): STUDI KUALITATIF DI PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER PROVINSI JAWA TIMUR


Riyanti, Farida Sisni (2023) MAKANAN PANTANGAN PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK): STUDI KUALITATIF DI PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER PROVINSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102211037_tesis_16-03-2023 cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102211037_tesis_16-03-2023 dp.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102211037_tesis_16-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102211037_tesis_16-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil yang kurang akan terjadi Kekurangan Energi Krorinis (KEK), yang dipengaruhi oleh pola mengkonsumsi makanan, faktor sosial ekonomi dan makanan pantangan. pantangan selama proses kehamilan. Makanan pantangan pada ibu hamil artinya orang yang menderita penyakit tertentu, atau yang ingin menghindari akibat-akibat yang tidak diinginkan atas kesehatannya, sering kali melakukan praktik berpantang Tujuan untuk mengetahui secara fenomenologi eksploratif tentang makanan pantangan pada ibu hamil terhadap kejadian kekurangan energi kronik (KEK) di Puskesmas Sumbersari. Metode kualitatif dengan pendekatan phenomenology eksploratif melalui wawancara mendalam,Sampel sebagai informan yaitu ibu hamil dengan trimester satu,dua dan tiga yang mengalami kekurangan energi kronik, metode yang digunakan adalah purposif sampling pada ibu hamil trimester satu,dua dan tiga berjumlah 3 orang, penelitian dianalisis dengan metode Collaizi. Hasil penelitian didapatkan lima tema yaitu simpulan pengetahuan ibu hamil pada trimester satu,dua dan tiga memiliki pengetahuan cukup terhadap pantangan makanan, jenis makanan pantangan ibu hamil antara lain dari buah-buahan nenas, mangga kweni, durian dan nagka, kemudian dari lauk pauk yaitu ikan lele, bakso, udang, kepiting, dan cumi, latar belakang budaya ibu hamil mengikuti dari apa yang disampaikan oleh orang tua jaman dauhulu terkait larang makanan selama masa kehamilan, persepsi keluarga dan lingkungan sosial larangan makanan makanan yang dilarang oleh orang tua akan berpengaruh terhadap proses lahiran, pada ibu dan bayi dan upaya ibu hamil agar tidak terjadi KEK yaitu banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kesimpulan pantangan makanan pada ibu hamil salah satu faktor pemicu adalah karena dipengaruhi oleh budaya yang dimiliki oleh keluarga dan turun temurun dari nenek moyang yang harus diikuti, adapun pantangan makan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dari buah-buahan, sayur-sayuran dan lauk pauk karena dianggap akan mempengaruhi kehamilan dan proses lahiran oleh ibu. Saran diharapkan untuk puskesmas Sumbersari memberikan edukasi kepada ibu hamil agar tidak terjadi KEK,bagi penelitian selanjutnya menggunakan metode kualitatif dengan ection research.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ibu Hamil, Kekurangan Energi Kronik, Makanan Pantangan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:36
Last Modified: 27 Jul 2023 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item
View Item