KINERJA SIMPANG JALAN TAK BERSINYAL DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus: Ruas Jl. Dr. Leimena – Jl. Baruga Raya – Jl. Inspeksi Pam – Jl. Antang Raya)


Anggreyani, Ayu (2023) KINERJA SIMPANG JALAN TAK BERSINYAL DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus: Ruas Jl. Dr. Leimena – Jl. Baruga Raya – Jl. Inspeksi Pam – Jl. Antang Raya). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P092202018_tesis_16-03-2023 cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P092202018_tesis_16-03-2023 dp.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P092202018_tesis_16-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P092202018_tesis_16-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Peningkatan volume lalu lintas diakibatkan oleh peningkatan jumlah penduduk, penambahan jumlah kendaraan dan peningkatan frekuensi aktivitas perjalanan orang. Persimpangan Jalan Dr Leimena – Jalan Raya Baruga – Jalan Inspeksi PAM – Jalan Antang Raya mengalami peningkatan beban lalu lintas (traffic demand) yang sangat signifikan karena merupakan simpang yang menghubungkan wilayah Timur dan Selatan Makassar sampai ke Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk a) menganalisis pola pergerakan dan tarikan di persimpangan, b) menganalisis kinerja simpang dan c) menyusun arahan peningkatan kinerja simpang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis trip distribution, analisis kinerja simpang dengan MKJI dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: a) Bangkitan pergerakan lalu lintas yang mempengaruhi simpang jalan Dr. Lemeina - jalan Baruga Raya - jalan Inpeksi PAM - jalan Antang Raya sebagian besar dipengaruhi oleh pergerakan kendaraan yang menerus, lintas pusat pertumbuhan antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Berdasarkan zona perjalanan yang tertinggi berasal dari Zona 1 (Jl. Dr. Leimena) ke Zona 4 (Jl. Antang Raya) sebesar 13,3%, kemudian disusul oleh pergerakan dari Zona 3 (Jl. Bukit Baruga) ke Zona 3 (Jl. Perintis) sebesar 9,2%, b) tingkat pelayanan kinerja simpang jalan tak bersinyal didapatkan nilai derajat kejenuhan pada jam puncak pagi dan sore adalah D (>0,70 sedangkan untuk jam puncak siang memliki tingkat pelayanan E ( >0,85). dan c) peningkatan pelayanan pada simpang jalan Dr. Lemeina - Jalan Baruga Raya – Jalan Inpeksi PAM - Jalan Antang Raya adalah membuat simpang jalan bersinyal pada persimpangan dengan memperhitungkan fase hijau dan membuat pulau jalan untuk mengurangi konflik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kinerja, Simpang.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Teknik Transportasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:46
Last Modified: 27 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item
View Item