Muhlisa, Intan (2023) POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN IKAN TUNA DAN BABY TUNA (Thunnus sp) PADA PPI LONRAE KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041181314_skripsi_27-03-2023 cover1.jpg
Download (255kB) | Preview
L041181314_skripsi_27-03-2023 dp.pdf
Download (1MB)
L041181314_skripsi_27-03-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
L041181314_skripsi_27-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha perikanan. Kemampuan dalam memasarkan suatu barang yang dihasilkan akan dapat menjadikan salah satu aset dalam upaya peningkatan dan pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi ikan tuna dan baby tuna yang ada di PPI Lonrae Kabupaten Bone dan untuk menganalisis margin, keuntungan, dan tingkat efisiensi pemasaran yang diterima setiap lembaga pemasaran. Penentuan responden menggunakan teknik Cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif menggunakan metode survei di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 pola saluran distribusi, yaitu saluran pemasaran I, saluran pemasaran II, saluran pemasaran III, saluran pemasaran IV, saluran pemasaran V, dan saluran pemasaran VI. Margin pemasaran ikan tuna pada saluran I sebesar Rp. 5.000,-, saluran II dan IV sebesar Rp. 10.000,-, dan saluran VI sebesar Rp. 45.000,-. Sedangkan margin pemasaran pada baby tuna saluran I sebesar Rp. 7.000,-, saluran II dan IV sebesar Rp. 10.000,-, saluran III dan V sebesar Rp. 15.000,-. Keuntungan pemasaran ikan tuna pada nelayan saluran I, II, IV, dan VI sebesar Rp. 34.400,-, saluran I, II, dan VI pada pengepul sebesar Rp. 4.880,- saluran II pada pengecer I sebesar Rp. 4.580,- saluran IV pada pengecer I sebesar Rp. 9.880,-, dan pengolah pada saluran VI sebesar Rp. 37.300,-. Sedangkan keuntungan pemasaran baby tuna pada nelayan saluran I, II, III, IV, dan V sebesar Rp. 24.400,-, saluran I, II, dan III pada pengepul sebesar Rp. 6.880,- saluran II pada pengecer I sebesar Rp. 2.580,- saluran IV pada pengecer I sebesar Rp. 9.580,-, pengecer II pada saluran III sebesar Rp. 7.330,- dan pengecer II pada saluran V sebesar Rp. 14.330,-. Nilai efisiensi pada setiap saluran pemasaran ikan tuna yaitu saluran I 2%, saluran II 3%, saluran IV 3%, dan saluran VI 5%. Sedangkan nilai efisisensi pada ikan baby tuna yaitu saluran I 3%, saluran II 4%, saluran III 5%, saluran IV, 4%, saluran V 4%, dan saluran VI 6%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ikan Tuna, Distribusi, Margin, Keuntungan, Efisiensi |
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27228 |