EKSPLORASI KUALITAS DAN KEBERMANFAATAN MATERI EDUKASI TERTULIS PADA HEALTH LITERACY PESERTA PROLANIS (DIABETES MELLITUS) DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR


Nurfadhila, Nurfadhila (2023) EKSPLORASI KUALITAS DAN KEBERMANFAATAN MATERI EDUKASI TERTULIS PADA HEALTH LITERACY PESERTA PROLANIS (DIABETES MELLITUS) DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012211037_tesis_16-06-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012211037_tesis_16-06-2023 cover1.png

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R012211037_tesis_16-06-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R012211037_tesis_16-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Materi edukasi tertulis ini menjadi alat penting untuk pasien agar dapat memperoleh informasi, mengambil keputusan, bertanggung jawab atas perawatan dirinya jika materinya dapat dipahami. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi konten materi edukasi tertulis dengan menggunakan alat ukur yang valid dan objektif seperti PEMAT agar bisa membuat lebih paham tentang isi edukasi yang diberikan.
Tujuan: Untuk mengekplorasi kualitas materi edukasi tertulis yang didapatkan oleh peserta prolanis (Diabetes Mellitus) di Kabupaten Polewali Mandar.
Metode: Desain penelitian concurrent mix methods. Jumlah responden pada tahap kuantitatif sebanyak 149 orang peserta prolanis dan tahap kualitatif partisipan sebanyak 10 orang peserta prolanis 7 orang petugas kesehatan yang berasal dari 3 puskesmas (Anreapi, Pekkabata dan Matakali). Instrumen yang digunakan adalah PEMAT, Kuesioner Survey dan Panduan Wawancara. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara semi terstruktur.
Hasil: Evaluasi konten materi edukasi tertulis berpotensi besar memberikan manfaat bagi pasien prolanis, namun masih ada kekurangan seperti masih banyak hal yg perlu diperbaiki terkait keterbacaan dan petunjuk aksi yang harus dilakukan pasien secara mandiri di rumah. Hasil survey: sebanyak 97,30% mengetahui dan memahami kondisi saat ini, 91,3% mengatakan materi edukasi tertulis bermanfaat. Bentuk materi yang disukai adalah buku yang disertai dengan teks dan foto atau gambar. Topik pembahasan yang ditambahkan yaitu saran gaya hidup sehat dan pencegahan primer. Wawancara peserta prolanis dan petugas kesehatan menghasilkan tiga tema terkait kejelasan isi dan informasi, kualitas layout dan gambar serta kebermanfaatan materi edukasi tertulis.
Kesimpulan: Lebih dari setengah peserta prolanis sudah mengetahui dan memahami kondisinya saat ini. Persepsi pasien mengatakan pentingnya gambar atau foto untuk meningkatkan pemahaman pasien tentang risiko atau manfaat pengobatan. Diperlukan lagi upaya untuk meningkatkan kualitas dan manfaat materi edukasi tertulis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: materi edukasi tertulis, health literacy, penyakit kronik, diabetes mellitus tipe 2
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:00
Last Modified: 27 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item
View Item