Mohamad Fathurakhman, Mohamad Fathurakhman (2020) Analisis Pengaruh Deformasi Ruang Muat Double-Hull Tanker Terhadap Kekuatan Kapal. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D32116302_skripsi_05-10-2020 cover.jpg
Download (244kB) | Preview
D32116302_skripsi_05-10-2020 cover-bab2.pdf
Download (2MB)
D32116302_skripsi_05-10-2020 dapus-lampiran.pdf
Download (316kB)
D32116302_skripsi_05-10-2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Deformasi merupakan perubahan bentuk atau ukuran dari sebuah material karena sebuah gaya kerja yang diterapkan padanya. Dalam hal ini deformasi yang dimaksud timbul akibat adanya momen yang bekerja. Fokus utama dari penelitian ini yakni, deformasi dari ruang muat kapal double-hull tanker arah membujur, yang kemudian disimulasikan dalam dua keadaan yakni kondisi hogging, dan sagging, dan juga dalam dua tipe double-hull tanker. Analisa deformasi ini dilakukan menggunakan metode Non-Linear Finite Element Analysis (NLFEA) dengan menggunakan software ANSYS R1 2020 Academic Version. Analisis ini dilakukan dengan pemberian tumpuan atau Multi-Point Constraints (MPC pada potongan melintang, serta momen sebesar 6.2277 × 1012 N.mm untuk kondisi hogging, dan -5.8883 ×1012 N.mm, untuk kondisi sagging.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Double-Hull Tanker, Ruang Muat, Deformasi, Momen, Hogging, Sagging, Non-Linear Finite Element Analysis (NLFE |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Depositing User: | sangiasseri abubakar |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 07:36 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2710 |