TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERUSAHAAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN PEMBAYARAN DENDA BERDASARKAN PUTUSAN KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA = JURIDICAL REVIEW OF COMPANIES NOT PAYING FINES BASED ON THE DECISIONS OF THE BUSINESS COMPETITION SUPERVISORY COMMISION


Kasim, Ridha Sugira (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERUSAHAAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN PEMBAYARAN DENDA BERDASARKAN PUTUSAN KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA = JURIDICAL REVIEW OF COMPANIES NOT PAYING FINES BASED ON THE DECISIONS OF THE BUSINESS COMPETITION SUPERVISORY COMMISION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011181101_skripsi_09-01-2023 cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011181101_skripsi_09-01-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011181101_skripsi_09-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011181101_skripsi_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ridha Sugira Kasim (B011181101) dengan judul “Tinjauan Yuridis Terhadap Perusahaan yang tidak melaksanakan Pembayaran Denda Berdasarkan Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha”, di bawah bimbingan Oky Deviany sebagai pembimbing utama dan Amaliyah sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan mekanisme pelaksanaan eksekusi putusan KPPU. Selain itu, untuk menguraikan akibat hukum bagi perusahaan atau pelaku usaha yang tidak melaksanakan pembayaran denda berdasarkan putusan KPPU.
Penelitian ini dilaksanakan di Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia, Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kanwil VI Makassar, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia, dan Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Makassar, dengan metode penelitian empiris yang diawali dengan penentuan sampel melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara secara langsung dengan informan dan narasumber. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan membaca berbagai literatur berupa buku, artikel ilmiah, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini, yaitu putusan KPPU yang telah inkracht sampai dengan pemberitahuan putusan yang ketiga, maka KPPU dapat melakukan upaya hukum melalui eksekusi non litigasi atau upaya persuasif melalui koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan penagihan yang sejauh ini diterapkan lebih efektif dibandingkan eksekusi melalui pengadilan niaga. Selanjutnya belum ada aturan yang secara tegas dapat diterapkan untuk memberikan akibat hukum bagi pelaku usaha yang tidak melaksanakan pembayaran denda berdasarkan putusan KPPU.

Keywords : Pembayaran Denda, Putusan, KPPU, Tinjauan Yuridis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Payment, Fines, Decision, KPPU, Juridical Review
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2023 02:41
Last Modified: 31 May 2023 02:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item
View Item