IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA TARAWEANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN = IMPLEMENTATION OF THE COMMUNITY-BASED ON CLEAN WATER AND SANITATION PROGRAM (PAMSIMAS) IN TARAWEANG VILLAGE, LABAKKANG DISTRICT, PANGKAJENE AND KEPULAUAN REGENCY


Ramadan, Syahrul (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA TARAWEANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN = IMPLEMENTATION OF THE COMMUNITY-BASED ON CLEAN WATER AND SANITATION PROGRAM (PAMSIMAS) IN TARAWEANG VILLAGE, LABAKKANG DISTRICT, PANGKAJENE AND KEPULAUAN REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P032201011_tesis_14-03-2023 cover1.jpg

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P032201011_tesis_14-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P032201011_tesis_14-03-2023dp.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P032201011_tesis_14-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Syahrul Ramadan, Implementasi “PAMSIMAS” Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Pundata Baji Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (dibimbing oleh Anwar Daud dan Muhammad Arsyad).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menganalisis implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2) Mengetahui peran masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan program PAMSIMAS Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (3) Untuk melihat faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi untuk maintenance kegiatan fisik berjalan terhadap Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (4) Untuk melihat perubahan Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan setelah adanya program PAMSIMAS.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada Desa Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, dengan didasarkan beberapa pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan salah satu daerah penerima Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Masyarakat (PAMSIMAS) yang masih berjalan sampai sekarang. Informan ditentukan secara purposive dengan pertimbangan keterwakilan seluruh informan. Data diperoleh dengan teknik observasi, interview, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif interaktif antara koleksi data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Program PAMSIMAS ini sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan Pengorganisasian Kelompok Program PAMSIMAS yang masih berjalan sampai sekarang serta Dampak Positif dari program ini sangat dirasakan oleh masyarakat. (2) Seluruh elemen yang berperan dalam program PAMSIMAS yaitu Lembaga Pengelola dan Pengurus baik dari Desa maupun Kabupaten telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga masyarakat mendapatkan berbagai manfaat terutama dalam bidang tersedianya akses air minum untuk mereka. (3) Faktor Pendukung yaitu Ketersediaan mata air yang baik dengan kualitas yang sehat serta lokasi yang berada ditengah Desa sehingga memudahkan dalam menyebarkan aliran air ke rumah-rumah warga, masih ada beberapa Faktor hingga saat ini yang masih membuat program PAMSIMAS ini tidak selalu berjalan lancar dalam mengalirkan air ke pengguna seperti luasan Wilayah Taraweang yang belum bisa teraliri secara penuh, Air Mengalir tidak sepanjang hari serta Kesadaran masyarakat dalam membayar iuran. (4) Perubahan yang terjadi di Desa Taraweang semenjak adanya program PAMSIMAS yakni berkurangnya penyakit yang diakibatkan dari Air Sungai,Menurunnya perilaku buang air besar sembarangan dan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Kata Kunci: Air bersih, Sanitasi, PAMSIMAS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: clean water; sanitation; PAMSIMAS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 May 2023 00:56
Last Modified: 05 May 2023 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item
View Item