Penerapan Model Time Token dalam meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar = Implentation of the Time Token Model in improving Speaking Skills and Learning Interests of Class VIII Students of SMP Negeri 33 Makassar


Iswarty, Iswarty (2023) Penerapan Model Time Token dalam meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar = Implentation of the Time Token Model in improving Speaking Skills and Learning Interests of Class VIII Students of SMP Negeri 33 Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211006_tesis_09-03-2023 cover1.jpg

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032211006_tesis_09-03-2023 bab 1-2.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032211006_tesis_09-03-2023 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032211006_tesis_09-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan penerapan model time token dalam pembelajaran berbicara dan pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara dan minat belajar siswa (2) menjelaskan pengaruh penerapan model time token terhadap keterampilan berbicara siswa (3) menjelaskan pengaruh penerapan model time token terhadap minat belajar siswa.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen design, karena peneliti ingin membandingkan keterampilan berbicara serta minat belajar siswa setelah dan sebelum diterapkan metode Time Token.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes.Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara siswa (lembar observasi penilaian), sedangkan nontes digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik ini digunakan untuk memperoleh gambaran umum keterampilan berbicara dan minat belajar siswa. Kedua analisis inferensial dan t-test digunakan stunt menguji
hipotesis penelitian mengenai ada atautidaknya perbedaan keterampilan berbicara siswa dan minat belajar setelah diterapkan metode time token.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode time token dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan terhadap keterampilan berbicara dari masa pra siklus, siklus I ke siklus II pada siswa. Dengan adanya model pembelajaran time token ini, sangat membantu kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, dengan metode ini siswa lebih mendominasi dibanding pengajar, sehingga membuat siswa lebih aktif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh Penerapan Model Time Token dalam Pembelajaran terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII, dengan hasil uji paired sample t test menunjukkan perolehan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, di SMP Negeri 33 Makassar. Hipotesis
kedua juga menunjukkan bahwa ada pengaruh Penerapan Model Time Token dalam Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII, dengan hasil uji paired sample t test menunjukkan perolehan nilai Sig. (2- tailed) sebesar0,000 < 0,05, SMP Negeri 33 Makassar.

Keywords : model pembelajaran, time token, keterampilan berbahasa, berbicara, minat belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: learning model, time token, language skills, speaking, interest in learning
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 May 2023 02:42
Last Modified: 02 May 2023 02:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item
View Item