HIJRAH SEBAGAI TRANSFORMASI PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS ANGGOTA KOMUNITAS PUNK DI KOTA MAKASSAR) = HIJRAH AS A TRANSFORMATION OF SOCIAL BEHAVIOR (CASE STUDY OF PUNK COMMUNITY MEMBERS IN MAKASSAR CITY)


Fauzi, Azmul (2022) HIJRAH SEBAGAI TRANSFORMASI PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS ANGGOTA KOMUNITAS PUNK DI KOTA MAKASSAR) = HIJRAH AS A TRANSFORMATION OF SOCIAL BEHAVIOR (CASE STUDY OF PUNK COMMUNITY MEMBERS IN MAKASSAR CITY). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032181002_tesis_24-02-2023 COVER1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032181002_tesis_24-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032181002_tesis_24-02-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032181002_tesis_24-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AZMUL FAUZI. Hijrah sebagai Transformasi Perilaku Sosial (Studi Kasus Anggota Komunitas Punk di Kota Makassar). (dibimbing oleh : M. Ramli AT dan Nuvida RAF).
Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) persepsi anggota komunitas punk di Kota Makassar terhadap perilaku sosial pasca hijrah dan (2) proses transformasi perilaku sosial anggota komunitas punk di Kota Makassar pasca melakukan hijrah. Penelitian dilakukan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan studi kepustakaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah 7 (tujuh) orang yang terdiri 6 (enam) anggota komunitas punk yang berhijrah dan 1 (satu) tokoh agama.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi anggota komunitas punk terhadap perilaku sosialnya pasca hijrah terlihat pada perubahan perilaku sosial mereka yang dahulu melanggar nilai dan norma serta menyimpang saat ini menjadi baik dengan faktor utama adalah agama dan lingkungan. Agama yang merupakan salah satu hal yang mampu mengubah gaya hidup mereka yang didukung oleh lingkungan yang dapat menerima mereka. Sementara persepsi mereka terhadap masyarakat yang dulunya memberikan stigma negatif dan label menyimpang telah diubah seiring dengan berubahnya gaya hidup yang lebih islami dan menempatkan mereka yang dulunya kelas yang tidak istimewa menjadi kelas istimewa. Sementara proses transformasi perilaku sosial anggota komunitas punk pasca hijrah tidak bisa terlepas dari faktor motivasi dalam mencoba berperilaku sesuai nilai dan norma. Dalam mempelajari agama mereka didukung oleh keluarga dan lingkungan. Anggota komunitas punk dalam mencerminkan dirinya dalam proses hijrah membutuhkan waktu dan simbolisasi agama dalam upaya memperkenalkan diri mereka ke masyarakat bahwa mereka telah berubah. Pada perilaku sosialnya pasca hijrah anggota komunitas punk mengubah pola perilakunya dan lebih islami serta merubah style menjadi lebih rapi dan sopan.

Keywords : Hijrah, Tranformasi dan Perilaku Sosial

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hijrah, Transformation and Social Behavior
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:22
Last Modified: 06 Apr 2023 01:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26151

Actions (login required)

View Item
View Item