STRATEGI ADAPTASI SOPIR PETE-PETE DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH GEMPURAN MODA TRANSPORTASI ONLINE KOTA MAKASSAR = THE STRATEGY FOR ADAPTING PETE-PETE DRIVERS IN MAINTAINING THEIR EXISTENCE AMIDST THE ONSLAUGHT OF ONLINE TRANSPORTATION MODES IN THE CITY OF MAKASSAR


Irwan, Muh. Adilfi (2023) STRATEGI ADAPTASI SOPIR PETE-PETE DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH GEMPURAN MODA TRANSPORTASI ONLINE KOTA MAKASSAR = THE STRATEGY FOR ADAPTING PETE-PETE DRIVERS IN MAINTAINING THEIR EXISTENCE AMIDST THE ONSLAUGHT OF ONLINE TRANSPORTATION MODES IN THE CITY OF MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181013_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031181013_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181013_skripsi_06-02-2023 DP.pdf

Download (792kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181013_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Adilfi Irwan, E031181013. Strategi Adaptasi Sopir Pete-Pete Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Tengah Gempuran Moda Transportasi Online Kota Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi adaptasi sopir pete-pete dari segi pelayanan dalam mempertahankan eksistensinya di tengah maraknya moda transportasi berbasis online di Kota Makassar. Dan bagaimana strategi adaptasi sopir pete-pete dari segi ketahanan ekonomi.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model analisis kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 630 dengan jumlah sampel sebanyak 90.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebagai bentuk adaptasi responden ditengah banyaknya saingan dibidang usaha transportasi dalam hal pelayanan kecenderungan data menunjukkan responden masih mampu bersaing dalam hal pelayanan transportasi. Hal ini didasari pada lima aspek pelayanan yang menjadi standar kualitas pelayanan yang ada dalam tulisan ini. Meskipun pendapatan yang didapatkan dinilai menurun oleh responden namun hal tersebut masih dapat disiasati oleh responden. Salah satunya dalam menjaga kebersihan kendaraan responden lebih memilih untuk membersihkan kendaraannya tiap hari secara mandiri. Kemudian dari segi ketahanan ekonomi sebagian besar responden tidak pernah sama sekali mengikuti suatu pelatihan maupun sosialisasi yang disediakan. karena kurangnya skill dan pengalaman menjadi salah satu penyebab dimana sebagian besar responden tidak memiliki pekerjaan sampingan. Dalam hal menekan pengeluaran tiap bulannya, sebagian besar responden memanfaatkan barang-barang yang sudah ada dengan kata lain menggunakan barang dari segi fungsinya dan selama barang tersebut masih layak pakai.

Kata kunci : Transportasi Publik, Pete-Pete, Strategi Adaptasi, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pete-pete, Public Transportation, Adaptation Strategy, Service Quality
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2023 00:18
Last Modified: 05 Apr 2023 00:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26111

Actions (login required)

View Item
View Item