TRANSFORMASI PERAN PUBLIC RELATIONS DI ERA BIG DATA PADA PRAKTISI PUBLIC RELATIONS DI KOTA MAKASSAR = TRANSFORMING THE ROLE OF PUBLIC RELATIONS IN THE ERA BIG DATA ON PUBLIC RELATIONS PRACTICES IN MAKASSAR CITY


Ananda, Indriani Dewi Resky (2022) TRANSFORMASI PERAN PUBLIC RELATIONS DI ERA BIG DATA PADA PRAKTISI PUBLIC RELATIONS DI KOTA MAKASSAR = TRANSFORMING THE ROLE OF PUBLIC RELATIONS IN THE ERA BIG DATA ON PUBLIC RELATIONS PRACTICES IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022202011_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022202011_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022202011_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022202011_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
INDRIANI DEWI RESKY ANANDA. Transformasi Peran Public Relations di Era Big Data Pada Praktisi Public Relations Di Kota Makassar. (dibimbing oleh M.Iqbal Sultan dan Sudirman Karnay).
Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi peran public relations di era big data pada praktisi public relations di kota Makassar, menganalisis adaptasi public relations di era big data pada praktisi public relations di kota Makassar dan menganalisis hambatan praktisi public relations di era big data di Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer (wawancara mendalam, observasi dan bahan dokumentasi). Informan penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan metode Miles dan Hubberman dengan langkah-langkah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi peran public relations di era big data pada praktisi public relations di kota Makassar meliputi beberapa tahapan yaitu, penyampaian pesan yang berbasis data, segmentasi media relations, adanya pihak ketiga, penggunaan platfrom media sosial, media monitoring berbasis teknologi big data, dan menggunakan big data. Adaptasi public relations di era big data meliputi, memperbanyak ilmu (knowledge), mengikuti tren, lebih membangun kreativitas di era digital. Hambatan public relations di era big data adalah kecepatan internet, banyaknya channel-channel yang harus dihadapi, dan media yang tidak terdaftar pada dewan pers. Fakta dilapangan teori yang digunakan yaitu excellence theory in public relations, teori strukturasi adaptif, dan teori new media.

Kata Kunci : Transformasi, Praktisi Public Relations, Big Data, Excellence Theory In Public Relations, Teori New Media, Teori Strukturasi Adaptif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Praktisi Public Relations, Big Data, Excellence Theory In Public Relations, Teori New Media, Teori Strukturasi Adaptif.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2023 00:52
Last Modified: 04 Apr 2023 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item
View Item