Jaringan kebijakan publik dalam implementasi program pusat kesejahteraan sosial anak integratif sikamaseang di kabupaten Gowa = Public policy network in the implementation of the sikamaseang integrative child social welfare center program in the Gowa district


Sudirman, Rahmawati (2022) Jaringan kebijakan publik dalam implementasi program pusat kesejahteraan sosial anak integratif sikamaseang di kabupaten Gowa = Public policy network in the implementation of the sikamaseang integrative child social welfare center program in the Gowa district. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012211005_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012211005_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012211005_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012211005_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak

RAHMAWATI SUDIRMAN. Jaringan Kebijakan Publik Dalam Implementasi Program Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Sikamaseang Di Kabupaten Gowa. (dibimbing oleh Mohamad Thahir Haning dan Suryadi Lambali).
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis jaringan implementasi program Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Sikamaseang Di Kabupaten Gowa dengan melihat tujuh indikator yaitu aktor, fungsi jaringan, struktur, pelembagaan, aturan main, hubungan kekuasaan, dan strategi aktor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran aktor (pemerintah dan LSM) dalam pelaksanaan program PKSAI menunjukan keberhasilan. (2) fungsi jaringan kebijakan berhasil, digunakan sebagai alat komunikasi dan koordinasi dalam pertukaran sumber daya. (3) struktur jaringan berhasil, terlihat pada putusan Bupati terkait pembentukan tim pembina dan tim teknis PKSAI serta Keputusan Kepala Dinas Sosial tentang susunan tenaga kesekretariatan pusat pelayanan kesejahteraan sosial anak. (4) pelembagaan formal telah berhasil, terdapat MOU Dinas Sosial dengan Dinas Pencatatan Sipil serta dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, pelembagaan dinas lain berdasarkan pada Peraturan Bupati Gowa tentang pembentukan PKSAI. (5) aturan bertindak belum menunjukan keberhasilan pelaksanaan sesuai SOP yang ada. (6) hubungan kekuasaan menunjukan keberhasilan diwujudkan dalam keseimbangan kerja. (7) strategi aktor berhasil dengan menerapkan sosialisasi ke tingkat desa.

Kata kunci: jaringan kebijakan, implementasi, program pksai

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: jaringan kebijakan, implementasi, program pksai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:46
Last Modified: 03 Apr 2023 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item
View Item