ANALISIS KOMPETENSI DALAM PENEMPATAN JABATAN STRUKTURAL DI KABUPATEN MERAUKE = COMPETENCE ANALYSIS IN STRUCTURAL POSITION PLACEMENT IN MERAUKE DISTRICT


Susilawati, Christin Anggelin (2022) ANALISIS KOMPETENSI DALAM PENEMPATAN JABATAN STRUKTURAL DI KABUPATEN MERAUKE = COMPETENCE ANALYSIS IN STRUCTURAL POSITION PLACEMENT IN MERAUKE DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191031_tesis_03-01-2023 COVER1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012191031_tesis_03-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012191031_tesis_03-01-2023 DP.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191031_tesis_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Christin Anggelin Susilawati. Analisis Kompetensi Dalam Penempatan Jabatan Struktural di Kabupaten Merauke. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muh. Akmal Ibrahim, M.Si dan Dr. Suryadi Lambali, MA

Kompetensi adalah kriteria penting dalam penempatan jabatan struktural di lingkup pemerintah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kompetensi dalam penempatan jabatan struktural di Kabupaten Merauke.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Informan penelitian pemangku kebijakan di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Merauke. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Pengumpulan data penelitian terdiri dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam penempatan Jabatan Struktural belum efektif dalam pelaksanaannya. Motif dalam penempatan jabatan struktural di Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke cenderung karena motif finansial atau insentif yang diperoleh ketika menjabat pada jabatan struktural. Sifat Aparatur Sipil Negara dalam penempatan jabatan struktural memiliki sikap tanggap yang baik dalam menanggapi adanya perubahan situasi dan informasi baik terhadap perintah atasan maupun adanya perubahan regulasi, namun belum maksimal. Konsep diri menunjukkan Masih terdapat beberapa pejabat struktural yang lambat dalam melaksanakan perintah atasan. Pengetahuan Aparatur Sipil Negara dalam penempatan jabatan struktural Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke belum memahami dan mengetahui tugas, fungsinya melalui uraian tugas dalam SOTK. Keterampilan Aparatur Sipil Negara dalam penempatan jabatan struktural menunjukkan kesimpulan bahwa Setiap pegawai memperoleh keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan yang jumlahnya terbatas.

Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompetensi, Jabatan Struktural

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompetensi, Jabatan Struktural
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:45
Last Modified: 03 Apr 2023 00:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26047

Actions (login required)

View Item
View Item