Islam, Saiful (2023) Responsivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Pangkajene Kabupaten Pangkep = Responsiveness of Health Services at the Pangkajene City Health Center, Pangkep Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E011191096_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg
Download (262kB) | Preview
E011191096_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
E011191096_skripsi_06-02-2023 DP.pdf
Download (3MB)
E011191096_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Saiful Islam (E011191096). Responsivitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Pangkajene Kabupaten Pangkep. XV + 129 Halaman + 4 Gambar + 8 Tabel + 27 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Badu Ahmad, M.Si dan Adnan Nasution, S.Sos., M.Si
Pelayanan publik merupakan pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara seperti, kebutuhan kesehatan. Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam mensejahterahkan masyarakat. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat salah satu bentuk upaya pemerintah untuk merealisasikan hal tersebut dengan mendirikan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) di berbagai daerah seperti Puskesmas Kota Pangkajene Kabupaten Pangkep. Namun, Pelayanan kesehatan yang berkualitas seringkali mengalami kesulitan untuk diwujudkan karena sarana dan prasarana seperti, ketersediaan bangku diruang antrian/tunggu, sistem antrian, serta ketersediaan alat kesehatan yang juga dapat mempengaruhi pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan responsivitas pelayanan kesehatan sebab responsivitas pelayanan kesehatan merupakan bukti kemampuan puskesmas lembaga ataupun petugas bidang kesehatan untuk merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat
Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Responsivitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Pangkajene Kabupaten Pangkep. Data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan data primer yang bersumber dari wawancara langsung dengan informan/narasumber serta observasi langsung yang dilakukan peneliti dan data sekunder yang bersumber dari dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Responsivitas Pelayananan Kesehatan di Puskesmas Kota Pangkajene Kabupaten Pangkep yang diukur menggunakan 6 (enam) indikator menurut Zeithaml et al. dalam (Hardiyansyah, 2018) yaitu, kemampuan merespon setiap pelanggan, kecepatan melayani, ketepatan melayani, kecermatan melayani, ketepatan waktu melayani, dan kemampuan menanggapi keluhan sudah baik. Terbukti dengan keramahan dan kesopanan berkomunikasi dengan pasien, keahlian yang dimiliki petugas medis dan nonmedis, kesigapan dalam menjawab pertanyaan pasien, serta ketersediaan akses untuk pasien menyampaikan keluhannya serta pemberian solusi terbaik dengan keluhan yang disampaikan. Namun, pihak Puskesmas Kota Pangkajene masih perlu lebih memperhatikan ketersediaan alat atau bahan yang dan kondisi sarana prasarana puskesmas yang layak, serta evaluasi kepada petugas yang masih kurang dalam hal kedisiplinan waktu pelayanan kesehatan.
Kata Kunci: Responsivitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Kota Pangkajene
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Responsiveness, Health Services, Pangkajene City Health Center |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 00:44 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 00:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26042 |