EFEKTIVITAS PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN METODE HYBRID LEARNING (STUDI KASUS)


Gibran, Muhammad Abiel (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN METODE HYBRID LEARNING (STUDI KASUS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041181319_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041181319_skripsi_06-02-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041181319_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041181319_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Abiel Gibran, 2023, Keefektifan Pendekatan Communicative Language Teaching (CLT) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Hybrid: Studi Kasus di SMA 3 BANTAENG (dibimbing oleh Ria Rosdiana Jubhari dan Marleiny Radjuni).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Pendekatan Communicative Language Teaching (CLT) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode hybrid teaching. Penelitian ini dilakukan di SMA 3 BANTAENG. Penelitian ini menekankan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam hal akurasi dan kefasihan
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan satu kelas dari kelas duabelas sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan observasi, pre-test, treatment dan post-test yang terdiri dari 6 kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA 3 BANTAENG yang berjumlah 24 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siswa diberi pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif dengan metode hybrid, keterampilan berbicara siswa dalam hal akurasi dan kefasihan menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai 92,77% dalam akurasi dan 81,64% dalam kefasihan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pengajaran bahasa Komunikatif dengan metode hybrid efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XII IPA 1 SMA 3 BANTAENG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Communicative Language Teaching (CLT), Akurasi, Kefasihan
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:19
Last Modified: 03 Apr 2023 00:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item
View Item