PENGARUH KOMBINASI BEBERAPA JENIS RUMPUT LAUT PADA PAKAN GEL NATURAL TERHADAP TINGKAT KEKERASAN, PALATABILITAS, KECERNAAN TOTAL DAN FAKTOR KONDISI IKAN NILA, Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758) = Effect Combination Several Types of Seaweed Sources in Natural Gel Feed on Hardness, Palatability, Total Digestibility and Condition Factors of Tilapia, Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758)


Imtinah, St. Fahriza Nur (2022) PENGARUH KOMBINASI BEBERAPA JENIS RUMPUT LAUT PADA PAKAN GEL NATURAL TERHADAP TINGKAT KEKERASAN, PALATABILITAS, KECERNAAN TOTAL DAN FAKTOR KONDISI IKAN NILA, Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758) = Effect Combination Several Types of Seaweed Sources in Natural Gel Feed on Hardness, Palatability, Total Digestibility and Condition Factors of Tilapia, Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031181024_skripsi_30-11-2022 cover1.png

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031181024_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031181024_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031181024_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pakan GELnat merupakan pakan buatan dengan sebagian besar bahan baku yang digunakan dalam bentuk lumatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan panas dalam pembuatannya sehingga dapat meminimalisir berkurangnya kandungan nutrisi bahan baku pakan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi rumput laut terbaik pada pakan GELnat terhadap tingkat kekerasan, palatabilitas, kecernaan total dan faktor kondisi ikan nila. Penelitian dilaksanakan di Hatchery, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Hewan uji yang digunakan adalah ikan yang diperoleh dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ikan nila dipelihara di akuarium berukuran 50 cm x 40 cm x 33 cm sebanyak 12 unit dengan masing – masing unit berisi 20 ekor ikan. Bobot awal hewan uji yang digunakan antara 2-3 g/ekor. Penelitian ini didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan masing-masing 3 ulangan dengan rincian perlakuan A : Kappaphycus alvarezii + Sargassum sp., B : Kappaphycus alvarezii + Caulerpa lentillifera, C : Sargassum sp. + Caulerpa lentillifera dan perlakuan D : Kappaphycus alvarezii + Sargassum sp + Caulerpa lentillifera. Parameter yang diukur adalah tingkat kekerasan pakan, palatabilitas, kecernaan total dan faktor kondisi. Hasil analisis ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa kombinasi rumput laut berpengaruh nyata terhadap tingkat kekerasan, kecernaan total dan faktor kondisi tetapi tidak berbeda nyata terhadap palatabilitas. Berdasarkan uji BNT menyatakan bahwa tingkat kekerasan pada perlakuan D dan faktor kondisi pada perlakuan C adalah berbeda nyata dengan perlakuan lainnya, sedangkan kecernaan total pada perlakuan A berbeda nyata dengan perlakuan C dan D tetapi antar perlakuan B, C dan D tidak berbeda nyata. Berdasarkan hasil penelitian ini kombinasi rumput laut Sargassum sp. dan Caulerpa lentillifera (C) adalah yang terbaik

Keywords : Faktor kondisi, ikan nila, kecernaan total, kombinasi rumput laut palatabilitas, tingkat kekerasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Condition factor, tilapia, total digestibility, seaweed combination, palatability hardness level
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:03
Last Modified: 29 Mar 2023 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item
View Item