PENGARUH KOMBINASI RUMPUT LAUT SEBAGAI BAHAN PENGENTAL DAN SUMBER NUTRISI PADA PAKAN GELnat TERHADAP EFISIENSI PAKAN, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN KANDUNGAN NUTRISI HATI IKAN NILA, Oreochromis niloticus = FFECT OF THE COMBINATION OF SEAWEED AS A THICKER AND SOURCE OF NUTRITION IN GELNAT FEED ON FEED EFFICIENCY, PROTEIN EFFICIENCY RATIO AND THE NUTRITIONAL CONTENT OF THE LIVER TILAPIA, Oreochromis niloticus


Pakaya, Celyn Margareth Launrens (2022) PENGARUH KOMBINASI RUMPUT LAUT SEBAGAI BAHAN PENGENTAL DAN SUMBER NUTRISI PADA PAKAN GELnat TERHADAP EFISIENSI PAKAN, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN KANDUNGAN NUTRISI HATI IKAN NILA, Oreochromis niloticus = FFECT OF THE COMBINATION OF SEAWEED AS A THICKER AND SOURCE OF NUTRITION IN GELNAT FEED ON FEED EFFICIENCY, PROTEIN EFFICIENCY RATIO AND THE NUTRITIONAL CONTENT OF THE LIVER TILAPIA, Oreochromis niloticus. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
L031181010_skripsi_30-11-2022 cover1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031181010_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031181010_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031181010_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Celyn Margareth Launrens Pakaya. L031 18 1010 “Pengaruh Kombinasi Rumput Laut sebagai Bahan Pengental dan Sumber Nutrisi pada Pakan GELnat terhadap Efisiensi Pakan, Rasio Efisiensi Protein dan Kandungan Nutrisi Hati Ikan Nila, Oreochromis niloticus” dibimbing oleh Edison Saade sebagai Pembimbing Utama dan Haryati sebagai Pembimbing Pendamping.

Pakan GELnat merupakan salah satu pakan buatan berbentuk padat dan kenyal yang dibuat dengan pemasakan dari berbagai jenis bahan baku pakan dan menggunakan rumput laut sebagai bahan pengental dan sumber nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi rumput laut terbaik pada pakan GEL natural (GELnat) terhadap efisiensi pakan, rasio efisiensi protein dan kandungan nutrisi hati pada ikan nila. Penelitian ini dilaksanakan di Hatchery dan Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Hewan uji yang digunakan adalah ikan nila dengan bobot 2 – 3 g. Ikan nila dipelihara menggunakan wadah akuarium 50 x 40 x 33 cm dan diberi pakan GELnat 3 kali sehari secara satiasi. Penelitian ini didesain dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan masing-masing 3 ulangan dengan rincian perlakuan A: kombinasi 50% Kappaphycus alvarezii +50% Sargassum sp., B: kombinasi 50% Kappaphycus alvarezii + 50% Caulerpa sp., C: 50% Sargassum sp. + 50%Caulerpa sp., D: 35%Kappaphycus alvarezii +35% Sargassum sp. +30% Caulerpa sp. Parameter yang diukur adalah tingkat efisiensi pakan (EP), rasio efisiensi protein (REP) dan kandungan nutrisi hati. Untuk mengetahui perlakuan yang berpengaruh terhadap parameter dilakukan analisis ragam (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan yang berbeda dilanjutkan dengan uji W-Tuckey. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa beberapa kombinasi rumput laut pada pakan GELnat berpengaruh nyata(p<0,05) terhadap REP dan tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap tingkat EP dan kandungan protein kasar, lemak kasar, serta karbohidrat hati ikan uji. Berdasarkan uji W-Tuckey, REP pada perlakuan B lebih tinggi dibanding perlakuan lainnya, sehingga hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perlakuan kombinasi rumput laut pada pakan GELnat yang terbaik yaitu kombinasi antara K. alvarezii dan Caulerpa sp.

Keywords : efisiensi pakan, ikan nila, kandungan nutrisi hati, kombinasi rumput laut,rasio efisiensi protein

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: feed efficiency, nila tilapia, liver nutrient content, seaweed combination, protein efficiency ratio
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:57
Last Modified: 29 Mar 2023 01:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25947

Actions (login required)

View Item
View Item