Glorya, Bernadeth Anastasia (2022) Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di SMAN 14 Gowa. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F041181021_skripsi_02-01-2023 COVER1.png
Download (169kB) | Preview
F041181021_skripsi_02-01-2023 DP.pdf
Download (432kB)
F041181021_skripsi_02-01-2023 BAB 1-2.pdf
Download (818kB)
F041181021_skripsi_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik mind mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 GOWA tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menekankan pada peningkatan keterampilan menulis siswa dari segi isi dan mekanik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pra-eksperimen dengan menggunakan Pre-test dan Post-test kelompok tunggal yang terdiri dari enam pertemuan termasuk treatment. Sampel penelitian adalah XII IPA 3 yang terdiri dari 29 Siswa yang dipilih secara acak untuk menghindari bias representasi populasi. Siswa diajarkan untuk menulis teks recount menggunakan teknik mind mapping. Skor Pre-test dan Post-test dibandingkan untuk melihat peningkatan keterampilan menulis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan teknik mind mapping, keterampilan siswa dalam menulis teks recount meningkat terutama dalam mengembangkan ide dan mengorganisasikan teks. Hal ini terlihat melalui nilai rata-rata Post-test yang meningkat dari 46,63 sebelum penerapan teknik menjadi 70,22 setelah penerapan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XII IPA 3 SMAN 14 GOWA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Kemampuan Menulis, Recount Text |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 01:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 01:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25928 |