Inovasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan


Wahida, Nur (2023) Inovasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191056_skripsi_23-02-2023 COVER1.jpg

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191056_skripsi_23-02-2023 DP.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191056_skripsi_23-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191056_skripsi_23-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan inovasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun fokus penelitian yaitu berdasarkan pada 5 atribut inovasi Rogers (2003) yakni keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (trialability), dan kemudahan diamati (observability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ma’rang hadir sebagai inovasi sistem yang baru dalam bidang pelayanan. Namun, penerapannya masih berjalan kurang baik hal ini berdasarkan hasil analisis peneliti diantaranya: 1) keunggulan relatif (relative advantage) SIMKAH web telah memiliki beberapa keunggulan, namun masih adanya ketidaksesuaian waktu nikah dengan buku nikah dan masyarakat yang masih menggunakan bantuan jasa pihak ketiga, 2) kesesuaian (compatibility) SIMKAH web telah sesuai dengan SOP dan kebutuhan pegawai serta masyarakat, 3) kerumitan (complexity) upaya sosialisasi yang dilakukan KUA Kecamatan Ma’rang belum dapat meningkatkan penggunaan SIMKAH web, 4)kemungkinan dicoba (trialability) pelaksanaan uji coba hanya dilakukan di internal KUA Kecamatan Ma’rang dan masyarakat telah merasakan keunggulan penerapan SIMKAH web, namun masih kurangnya sarana prasana yang mendukung, 5) kemudahan diamati (observability) seluruh masyarakat dapat mengakses SIMKAH web dan memberikan dampak yang baik dalam membantu pelaksanaan tugas pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), Kantor Urusan Agama (KUA)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
J Political Science > JN Political institutions (Europe)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:51
Last Modified: 13 Mar 2023 05:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item
View Item