Saputra, Rizky Ardian (2023) DESAIN LAYANAN HIJAU PADA HOTEL DALAM UPAYA MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN MENGGUNAKAN GSQUAL, KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
D072201003_tesis_23-02-2023 COVER1.jpg
Download (426kB) | Preview
D072201003_tesis_23-02-2023 DP.pdf
Download (150kB)
D072201003_tesis_23-02-2023 BAB 1-2.pdf
Download (860kB)
D072201003_tesis_23-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia setelah sektor minyak, batubara dan kelapa sawit. Pariwisata jugasalah satu industri jasa kreatif yang memiliki daya saing tinggi dan dikategorikan sebagai industri yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sektor industri lainnya. Dalam konsep green tourism, hotel sebagai salah satu pendukungnya harus mampu menerapkan green practicedalam operasional dan pelayanannya. Hotel hijau didefinisikan sebagai hotel yang menerapkan praktik bersih dalam operasinya, seperti efisiensi energi, penggunaan air, daur ulang, dan pengelolaan limbah. Prinsip utama hotel hijau fokus pada pengembangan di bawah penggunaan kembali sumber daya, daur ulang material, polusi lingkungan yang rendah, dan penghematan energi.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik ramah lingkungan yang telah diterapkan di hotel ramah lingkungan dan merancang layanan lebih lanjut untuk memenuhi harapan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei yang dibagikan melalui e-form kepada 250 tamu hotel yang secara pribadi merasakan green service di hotel tersebut. Melalui integrasi GreenSERVQUAL (GSQual) dan model KANO, terdapat 11 atribut yang perlu diperbaiki. Selanjutnya, peningkatan layanan ramah lingkungan diprioritaskan menggunakan skor kepentingan teknis dari QFD. Nilai kepentingan teknis tertinggi adalah 376,62dan persentase sebesar 22% dari keseluruhan atribut yang terpilih untuk diperbaiki, dari data tersebut menunjukkan perlunya pemasangan sensor faucet otomatis untuk mengurangi limbah konsumsi air. Dengan menerapkan perbaikan, hotel akan dapat mengelola konsumsi airnya dengan lebih baik dan dengan demikian memuaskan pelanggan mereka.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service, GSQual, KANO, QFD, Green hotel |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 05:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 05:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25678 |