Gambaran Perilaku Pemenuhan Kebutuhan Gizi Prakonsepsi dan pada Saat Hamil pada Ibu Primigravida di Puskesmas Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara = Description of The Behavior of Nutritional Fulfillment During Preconception and Pregnancy in Primigravida Mothers at Tallunglipu District Health Center, North Toraja Regency


Marampa`, Anugerah Christy (2022) Gambaran Perilaku Pemenuhan Kebutuhan Gizi Prakonsepsi dan pada Saat Hamil pada Ibu Primigravida di Puskesmas Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara = Description of The Behavior of Nutritional Fulfillment During Preconception and Pregnancy in Primigravida Mothers at Tallunglipu District Health Center, North Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181504_skripsi_15-12-2022 cover1.png

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181504_skripsi_15-12-2022 1-2.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181504_skripsi_15-12-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181504_skripsi_15-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 March 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Salah satu masalah masih sering dijumpai pada Ibu di Indonesia adalah masalah pemenuhan kebutuhan nutrisi yang masih kurang diperhatikan dan dapat menyebabkan Ibu hamil mengalami KEK. Masalah ini dapat berujung kepada masalah kehamilan serta risiko melahirkan bayi dengan BBLR. Status gizi seorang wanita sebelum dan sesaat kehamilan memberikan pengaruh yang besar, jika status gizi seorang wanita dalam kategori baik pada fase sebelum dan setelah hamil, maka potensi kelahiran bayi sehat dapat terwujud.

Tujuan : diketahui gambaran perilaku ibu primigravida dalam memenuhi kebutuhan gizi pada masa prakonsepsi dan saat hamil di Puskesmas Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross-Sectional, dengan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan pendekatan Consecutive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengambilan data dilaksanakan secara offline dengaan membagikan kuesioner kepada responden.

Hasil : Hasil dalam penelitian ini diperoleh gambaran perilaku pada masa prakonsepsi pada ibu primigravida menunjukkan sebanyak 54% ibu memiliki pengetahuan yang rendah dan 57% memiliki sikap negatif terhadap pemenuhan kebutuhan nutrisi selama masa prakonsepsi, sedangkan pada gambaran perilaku meliputi pengetahuan, sikap dan perilaku pada saat hamil menunjukkan sebanyak 67% ibu memiliki pengetahuan baik, 78% sikap baik, dan 85% perilaku baik.

Kesimpulan dan Saran : Pada penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku ibu pada masa prakonsepsi meliputi pengetahuan serta sikap masih kurang, sementara pada masa kehamilan terjadi peningkatan perilaku. Disarankan kepada lembaga terkait untuk terus mendukung serta memfasilitasi setiap program yang dilaksanakan agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat serta ikut berkontribusi dalam pemeliharaan khususnya pemenuhan kebutuhan gizi.

Keywords : Ibu Hamil, Prakonsepsi, BBLR, Kebutuhan Nutrisi, Perilaku Ibu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pregnant Mothers, Preconception, Primigravida, Nutritional Needs, Mother's Behavior
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:13
Last Modified: 09 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item
View Item