Pengaruh Mutasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang) = The Effect of Mutation and Promotion On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable (Study At the Health Office of Pinrang Regency)


Arif, Muhammad (2022) Pengaruh Mutasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang) = The Effect of Mutation and Promotion On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable (Study At the Health Office of Pinrang Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012202072_tesis_30-12-2022 COVER1.jpg

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012202072_tesis_30-12-2022 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012202072_tesis_30-12-2022 DP.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012202072_tesis_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 February 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pengaruh Mutasi dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang).

Muhammad Arif
Mahlia Muis
Ria Mardiana Yusuf

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutasi dan promosi jabatan terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang). Penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis perngaruh mutasi dan promosi terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 650 pegawai, adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 pegawai yang dihasilkan dari perhitungan rumus Slovin yang dilakukan secara purposive sampling dimana sampel dipilih diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti, sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang di inginkan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung,kuesioner dengan menggunakan skala likert, serta studi kepustakaan. Mutasi dan promosi adalah variabel bebas yang memberikan pengaruh, kepuasan kerja merupakan variabel intervening atau penghubung, sedangkan kinerja pegawai adalah variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasam kerja dan kinerja pegawai, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Mutasi dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai dimediasi dengan kepuasan kerja.

Keywords : mutasi, promosi jabatan, kepuasan kerja, kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: mutasi, promosi jabatan, kepuasan kerja, kinerja pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:48
Last Modified: 27 Feb 2023 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25332

Actions (login required)

View Item
View Item