ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, KEPEMILIKAN HUTANG, PERILAKU KEUANGAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN PADA NASABAH BANK WOORI SAUDARA DAN BANK MANDIRI (PERSERO) = (Analysis the Effect of Income, Financial Literacy, Debt Holding, Financial Behaviour on Financial Satisfaction at Bank Woori Saudara and Bank Mandiri (Persero) Customers


Ansar, Andi Fhatimasari (2022) ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, KEPEMILIKAN HUTANG, PERILAKU KEUANGAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN PADA NASABAH BANK WOORI SAUDARA DAN BANK MANDIRI (PERSERO) = (Analysis the Effect of Income, Financial Literacy, Debt Holding, Financial Behaviour on Financial Satisfaction at Bank Woori Saudara and Bank Mandiri (Persero) Customers. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012202011_tesis_10-01-2023 COVER1.jpg

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012202011_tesis_10-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012202011_tesis_10-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012202011_tesis_10-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Analisis Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Kepemilikan Hutang, Perilaku Keuangan terhadap Kepuasan Keuangan pada Nasabah Bank Woori Saudara dan Bank Mandiri (Persero)

ANDI FHATIMASARI ANSAR

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, literasi keuangan, kepemilikan hutang terhadap kepuasan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perilaku keuangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk pengumpulan datanya yang diberikan kepada 190 responden Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Ini berarti bahwa pendapatan, literasi keuangan terhadap kepuasan keuangan nasabah Bank Woori Saudara dan Bank Mandiri di Makassar berpengaruh positif. Pendapatan dan Literasi Keuangan terhadap kepuasan keuangan melalui perilaku keuangan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan. Namun hipotesis untuk kepemilikan hutang terhadap kepuasan keuangan ditolak. Ini dikarenakan hasil yang berbeda ditunjukkan dengan menggunakan sampel antara Bank Woori Saudara dan Bank Mandiri. Kepemilikan hutang tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan keuangan dengan menggunakan sampel Bank Woori Saudara sedangkan kepemilikan hutang terhadap kepuasan keuangan menggunakan sampel nasabah Bank Mandiri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.

Kata Kunci : Pendapatan, Literasi Keuangan, Kepemilikan Hutang, Perilaku Keuangan, Kepuasan Keuangan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Literasi Keuangan, Kepemilikan Hutang, Perilaku Keuangan, Kepuasan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:05
Last Modified: 23 Feb 2023 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item
View Item