HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BIRU KABUPATEN BONE


Oktavianti, Devy (2022) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BIRU KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181344_skripsi_01-09-2022 cover1.jpg

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181344_skripsi_01-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181344_skripsi_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181344_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mutu pelayanan pada Puskesmas menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kepuasan pasien. Pelayanan yang berkualitas dalam konteks pelayanan di puskesmas adalah memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarganya sesuai standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang dapat meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya terhadap Puskesmas. Dari hasil observasi awal pada puskesmas Biru diperoleh informasi bahwa terdapat pasien yang merasa kurang puas terhadap pelayanan di puskesmas tersebut seperti kenyamanan pasien pada saat menunggu antrian perawatan, jalan menuju puskesmas yang kurang bagus, interaksi antara petugas dan pasien yang kurang baik, serta keterlambatan pelayanan yang diberikan puskesmas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang 3 bulan terakhir di puskesmas Biru. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling.
Berdasarkan umur, sebagian besar responden berada pada umur 26-35 yaitu 29 responden (29%). Berdasarkan jenis kelamin sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan yaitu 65 responden (65%) Dilihat dari tingkat pendidikan, responden terbanyak berada pada tingkat pendidikan SMA yaitu sebesar 57 responden (57%). Berdasarkan pekerjaan, sebagian besar responden bekerja sebagai IRT yaitu sebanyak 35 responden (35%). Hasil Analisis Bivariat menunjukkan bahwa variabel akses terhadap pelayanan p= 0,013 (p<0,05) dan kenyamanan p= 0,012 (p<0,05) memiliki hubungan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru yaitu variabel hubungan antar manusia p= 0,361 (p>0,05) dan ketepatan waktu p= 0,170 (p>0,05).
Saran yang diberikan adalah hendaknya pihak Puskesmas lebih memperhatikan keluhan yang disampaikan oleh pasien seperti ketidaknyamanan yang terjadi akibat ruang tunggu maupun ruang pemeriksaan yang terasa pengap dan panas, karena semua ini sangat berdampak terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Akses Terhadap Pelayanan, Kenyamanan, Hubungan Antar Manusia, Ketepatan Waktu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:03
Last Modified: 22 Feb 2023 03:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25274

Actions (login required)

View Item
View Item