Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 23 Makassar


Tangyong, Putri Lolon (2022) Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 23 Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181341_skripsi_01-09-2022 cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181341_skripsi_01-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181341_skripsi_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181341_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Bullying merupakan suatu tindakan mengintimidasi seseorang melalui sikap,
tindakan serta perkataan yang tidak hanya terbatas pada penyiksaan secara fisik, namun
juga pada psikis. Salah satu upaya dalam menciptakan kenyamanan siswa di sekolah
ialah dengan memberikan berbagai pencegahan dalam melakukan bullying. Namun, di
SMP Negeri 23 Makassar masih terdapat siswa yang sering kali melakukan bullying
kepada sesama temannya yang membuat siswa lain merasa tidak nyaman.
Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui faktor yang berhubungan
dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 23 Makassar. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel
sebanyak 85 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 23 Makassar pada bulan Juni-Juli 2022. Hasil
penelitian dianalisis menggunakan analisis univaritas dan bivariat dengan uji ChiSquare.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara nilainilai keluarga dan media dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Negeri 23
Makassar. Dengan nilai Uji Chi-Square antara nilai-nilai keluarga dengan perilaku
bullying didapatkan (p=0,012). Teman sebaya dengan perilaku bullying didapatkan
(p=0,63). Media dengan perilaku bullying didapatkan (p=0,042 dan peranan sekolah
dengan perilaku bullying didapatkan (p=0,573). Dari hasil penelitian ini disarankan
bagi keluarga untuk selalu memberikan masukan dan arahan yang baik kepada anak
dalam berperilaku dan menggunakan media dan kepada sekolah untuk tetap
memberikan siswa masukan dalam menggunakan internet agar dapat meminimalisir
kejadian bullying pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Keluarga, Teman Sebaya, Media, Peranan Sekolah, Bullying
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:37
Last Modified: 22 Feb 2023 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item
View Item