Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap di RSU Bahagia Makassar


Silva, Rewanty (2022) Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap di RSU Bahagia Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181062_skripsi_30-11-2022 cover1.png

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181062_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181062_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181062_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Bauran Pemasaran yang didalamnya terdapat tujuh variabel mempunyai pengaruh yang besar terhadap pemanfaatan atau tindakan konsumen dalam membeli suatu produk jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara product, price place,promotion,people,process, dan physical evidence dengan pemanfaatan pelayanan rawat inap di RSU Bahagia Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik menggunakan desain cross sectional study. Jumlah populasi pada penelitian ini yakni sebanyak 4.538 orang yang merupakan jumlah pasien rawat inap di RSU Bahagia Makassar pada tahun 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling, diperoleh sampel sebanyak 77 orang yang didalamnya terdiri dari pasien rawat inap kelas I,II, dan III. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara product (p=0,002), price (p=0,039), place (p=0,004), people (p=0,039), process (p=0,002), dan physical evidence (p=0,007) dengan pemanfaatan pelayanan rawat inap di RSU Bahagia Makassar, serta tidak ada hubungan antara promotion (p=1,000) dengan pemanfaatan pelayanan rawat inap di RSU Bahagia Makassar. Saran kepada pihak RSU Bahagia Makassar yaitu memerhatikan pelayanan apotik dengan menambahkan jenis stok obat yang lain, melakukan renovasi bangunan serta memperluas sarana prasaran parkir demi terciptanya rasa nyaman dan aman pengunjung rumah sakit, meningkatkan upaya promosi baik media cetak maupun media sosial (website), dan melakukan pengembangan SDM bagi petugas rumah sakit .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Pemanfaatan Pelayanan, Rawat Inap, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:02
Last Modified: 20 Feb 2023 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25148

Actions (login required)

View Item
View Item