PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA REMAJA DI SMA KATOLIK MAKALE = THE EFFECT OF USING TIKTOK SOCIAL MEDIA AS AN EDUCATIONAL MEDIA ON KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF BALANCED NUTRITION IN ADOLESCENTS AT MAKALE CHATOLIC HIGT SCHOOL


Ruru, Eka Ria Sampe (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA REMAJA DI SMA KATOLIK MAKALE = THE EFFECT OF USING TIKTOK SOCIAL MEDIA AS AN EDUCATIONAL MEDIA ON KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF BALANCED NUTRITION IN ADOLESCENTS AT MAKALE CHATOLIC HIGT SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K021171513_skripsi_01-09-2022 cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K021171513_skripsi_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K021171513_skripsi_01-09-2022 dapus.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K021171513_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: Kesehatan pada masa remaja adalah suatu aspek penting dalam siklus kehidupan. TikTok memiliki peluang yang baik untuk dimanfaatkan untuk memberikan edukasi gizi, sehingga keberlangsungan hidup serta tumbuh kembang remaja lebih optimal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada remaja di SMA Katolik Makale. Bahan dan Metode: desaign penelitian yang digunakan yaitu quasi-eksperimen pretest-posttest with control group. Media yang digunakan adalah TikTok sebagai media untuk kelompok intervensi dan Whatsapp sebagai media untuk kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI di SMA Katolik Makale. Jumlah sampel sebanyak 16 responden untuk setiap kelompok. Pengetahuan dan sikap terhadap gizi seimbang diukur menggunakan kuesioner online. Data dianalisis secara bivariat menggunakan uji reapeated dan uji alternatifnya untuk menguji perbedaaan sebelum dan sesudah edukasi, dan menggunakan uji T-Independent serta uji alternatifnya untuk melihat perbedaan antara dua kelompok setelah edukasi. Hasil: Terdapat perubahan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) yang mana terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap setelah pemberian edukasi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000, p=0,000), namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan skor sikap kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,248, p=0,262). Kesimpulan: Penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang remaja di SMA Katolik Makale. Meskipun pada peningkatan sikap tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol.

Kata kunci : Gizi Seimbang, TikTok, Edukasi Gizi, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gizi Seimbang, Edukasi, TikTok, Remaja
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Gizi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:18
Last Modified: 14 Feb 2023 07:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item
View Item