Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Vidio Gizi Lebih Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 6 Kendari = The Effect of Nutrition Education Through Nutrition Videos on Student Behavior in High School Country 6 Kendari


Toruntju, Ainun Fauziah (2022) Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Vidio Gizi Lebih Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 6 Kendari = The Effect of Nutrition Education Through Nutrition Videos on Student Behavior in High School Country 6 Kendari. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K021171502_skripsi_01-09-2022 cover1.jpg

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K021171502_skripsi_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K021171502_skripsi_01-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K021171502_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tingginya prevalensi obesitas pada remaja di Kota Kendari khususnya di SMAN 6 Kendari. Dan ditemukan bahwa dari 43 orang remaja sebanyak 19,1% menderita overweight dan obesitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melaui video gizi lebih terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku siswa SMA Negeri 6 Kendari.
Desain penelitian ini adalah Pra-Eksperimen (Pre Experimental Design) dengan One Group Pre and Post test Design. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu 43 orang yang kemudian di drop out menjadi 35 orang. Proses intervensi dilakukan sebanyak tiga kali. Yakni minggu 1 pre-test dan vidio + penjelasan mengenai definisi obesitas, dampak dan gejala obesitas serta cara pencegahan obesitas, minggu ke 2 vidio tanpa penjelasan, minggu ke 3 vidio + penjelasan mengenai definisi obesitas, dampak dan gejala obesitas serta cara pencegahan obesitas dan post-test. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara secara langsung dengan instrumen kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan program SPSS dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada Pra-test hanya 8,5% yang berpengetahuan baik, 34,2% yang berpengetahuan cukup dan sebanyak 57,2% yang berpengetahuan kurang. Setelah intervensi terjadi perbaikan siswa yang berpengetahuan baik sebesar 20,0%, berpengetahuan cukup 45,7% dan yang berpengetahuan kurang sisa 34,2%. Pada Pra-test jumlah sampel yang lebih bersikap baik terhadap Gizi Lebih 14,2%, yang bersikap cukup 20,0% dan yang bersikap kurang 65,7%. Setelah intervensi, maka siswa yang bersikap baik 20,0%, yang bersikap cukup 28,5% dan yang bersikap kurang sisa 51,4%. Untuk Praktek siswa pada Pra-test yang berpraktek baik 17,1% dan yang berpraktek kurang 82,8%. Setelah dilakukan intervensi, didapatkan yang berpraktek baik 20,0% dan yang berpraktek kurang 80,0%. - Hasil uji paired – t – test, menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian vidio gizi lebih terhadap pengetahuan, P < 0,05. Ada pengaruh pemberian vidio gizi lebih terhadap sikap, P < 0,05. Ada pengaruh pemberian vidio gizi lebih terhadap praktek siswa, P < 0,05.
Disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian edukasi melalui vidio gizi lebih dengan perbaikan pengetahuan 20,0% baik 45,7% cukup, perbaikan sikap 20,0% baik 28,5% cukup dan perbaikan praktek 20,0% cukup baik pada siswa SMA Negeri 6 Kendari.

Keywords : Pengetahuan, Sikap, Praktek Gizi Lebih pada Siswa SMA, Media Vidio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Praktek Gizi Lebih pada Siswa SMA, Media Vidio
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Gizi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:16
Last Modified: 14 Feb 2023 07:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item
View Item