GAMBARAN KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG PICU RSUP DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO


NATSIR, NURUL AINUN (2019) GAMBARAN KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG PICU RSUP DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_C12115507_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_C12115507(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_C12115507(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_C12115507(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Ainun Natsir. C12115507. GAMBARAN KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG PICU RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO.
Dibimbing oleh Tuti seniwati dan Titi Iswanti Afelya
Latar belakang : Pelayanan keperawatan merupakan bagian dari pelayanan kesehatan masyarakat yang berperan besar dalam menentukan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kepuasan sangat diharapkan pelanggan atau pasien (orang tua pasien) terhdap pelayanan kesehatan. Pelayanan keperawatan diruang khusu (PICU) bertujuan untuk meninkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang memiliki pelayanan khusus untuk memberikan pelayanan bagi pasien dengan penyakit berat dan membutuhkan terapi intensif serta potensial untuk disembuhkan. Pelayanan keperawatan diruang PICU dapat diukur berdasarkan kepuasan orang tua pasien. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan pasien anak untuk menetukan tingkat kepuasan terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan. Keberhasilan perawatan PICU yang lebih maju saat ini dapat menurunkan angka kematian. Apabila perawatan pasien tidak optimal, maka cenderung akan meningkatkan angka kesakitan baru.
Tujuan Penelitian : untuk mengetahui gambaran kepuasan orang tua terhadap pelayanan keperawatan diruang PICU RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO
Metode : penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey deskriptif. Cara pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Responden sebanyak 40 orang dengan menggunakan data primer (kuesioner)
Hasil : dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari 40 responden merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang ada di ruang PICU RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO.
Kesimpulan dan Saran : kepuasan orang tua berdasarkan lingkungan, pelayanan keperawatan, dan komunikasi di ruang PICU RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO merasa sangat puas. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan dalam implikasi pelayanan keperawatan guna meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit.
Kata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Orang Tua, PICU

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Feb 2021 00:47
Last Modified: 24 Feb 2021 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item
View Item