PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN HOME CARE PADA SITUASI PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS PACCERAKKANG KOTA MAKASSAR = EFFECT OF SERVICE QUALITY DIMENSIONS AND TRUST ON HOME CARE PATIENT SATISFACTION IN THE COVID-19 PANDEMIC AT THE PUSKESMAS PACCERAKKANG COMMUNITY HEALTH CENTRE MAKASSAR CITY


Ayuningrum, Liskha (2022) PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN HOME CARE PADA SITUASI PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS PACCERAKKANG KOTA MAKASSAR = EFFECT OF SERVICE QUALITY DIMENSIONS AND TRUST ON HOME CARE PATIENT SATISFACTION IN THE COVID-19 PANDEMIC AT THE PUSKESMAS PACCERAKKANG COMMUNITY HEALTH CENTRE MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012202028_tesis_07-11-2022 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012202028_tesis_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012202028_tesis_07-11-2022 dp.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012202028_tesis_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

LISKHA AYUNINGRUM. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Home Care Pada Situasi Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Paccerakkang Kota Makassar (Dibimbing oleh Darmawansyah dan Muhammad Alwy Arifin).
Home Care merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang diterapkan di Kota Makassar. Home Care ditujukan untuk seluruh kalangan masyarakat melalui program panggilan langsung ke 112. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pasien dan pengaruh yang paling dominan dari dimensi kualitas dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien.
Sebuah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Kuesioner dibagikan kepada responden sebanyak 68 pasien di wilayah kerja Puskesmas Paccerakkang Kota Makassar. Data dianalisis menggunakan analisis chi-square dan analisis regresi logistik berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty terhadap kepuasan pasien sedangkan dimensi Tangible tidak terdapat pengaruh. Terdapat pengaruh antara kepercayaan terhadap kepuasan pasien. Variabel Kepercayaan merupakan variabel paling dominan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membuat Puskesmas untuk berupaya meningkatkan kualitas pelayanan karena pasien Home Care mengutamakan kualitas untuk bisa merasa puas terhadap pelayanan baik di masa Pandemi Covid-19 maupun pasca Pandemi nantinya, selain itu pihak Puskesmas juga perlu meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan mereka terhadap Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan.

Keywords : Home Care, Dimensi, Kualitas, Kepercayaan, Kepuasan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Home Care, Dimensi, Kualitas, Kepercayaan, Kepuasan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:14
Last Modified: 14 Feb 2023 02:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item
View Item