KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERIKANAN DI LOTTEMART


Taufik, Rifkah Zhafirah (2022) KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERIKANAN DI LOTTEMART. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L24116509_skripsi_04-11-2022 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L24116509_skripsi_04-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L24116509_skripsi_04-11-2022 1-2.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L24116509_skripsi_04-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
RIFKAH ZHAFIRAH TAUFIK. L24116509. “Karakteristik dan kepuasan konsumen terhadap produk perikanan di Lotte Mart” dibimbing oleh Sri Suro Adhawati sebagai Pembimbing Utama dan Abdul Wahid sebagai Pembimbing Anggota.
Lotte Mart merupakan salah satu pasar modern yang menjual berbagai jenis komoditi di bidang perikanan dan juga kebutuhan pokok lainnya. Selain itu, Lotte Mart memiliki beberapa cabang di Makassar dengan cabang terbesar yang terletak di Jl. Sultan Alauddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk perikanan di Lottemart. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret-April 2022. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) dengan pertimbangan bahwa tempat tersebut merupakan salah satu pasar modern yang menjual berbagai jenis komoditi perikanan dan kebutuhan pokok lainnya dengan metode pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan rumus Linear Time Function dengan jumlah responden 60 orang. Metode analisis yang digunakan adalah tiga alat analisis yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu meotde yang berupa angka, diagram kartesius, dan kualititatif yang digunakan untuk penggambaran data karakteristik konsumen yang terdiri dari usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, serta pendapatan rata-rata perbulan. Selanjutnya adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen yang paling banyak berkunjung adalah responden berjenis kelamin perempuan, yang di dominasi oleh umur rata-rata 38-46 tahun, dan pekerjaan yang didominasi oleh wiraswasta dengan nilai Costumer Satisfaction Index (CSI) sebesar 80,75 persen yang mempunyai arti bahwa secara keseluruhan konsumen pembeli ikan sangat puas terhadap atribut tersebut.

ABSTRACT
RIFKAH ZHAFIRAH TAUFIK. L24116509. "Characterstic and satisfaction consumers on fiheries product in Lotte Mart" supervised by Sri Suro Adhawati as the Main Advisor and Abdul Wahid as Member Advisor.
Lotte Mart is one of the modern markets that sells various types of commodities in the field of fisheries and also other basic needs. In addition, Lotte Mart has several branches in Makassar with the largest branch located on Sultan Alauddin street. This study aims to determine the characteristics and level of consumer satisfaction with fishery products at Lottemart. Data collection will be carried out in March-April 2022. The selection of the research site was carried out purposively (deliberately) with the consideration that the place is one of the modern markets that sells various types of fishery commodities and other basic needs with the sampling method, namely by using the Linear Time Function formula with a total of 60 respondents. The analysis method used is three analytical tools, namely quantitative descriptive analysis, namely meotde in the form of numbers, cartesian diagrams, and qualifications which are used to describe consumer characteristic data consisting of age, gender, last education, occupation, and average income per month. Next is the Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). The results showed that the most visiting consumers were respondents of the female sex, which was dominated by an average age of 38-46 years, and jobs dominated by self-employed people with a Customer Satisfaction Index (CSI) value of 80.75 percent which means that overall consumers of fish buyers are very satisfied with the attributes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan, Konsumen, Karakteristik, Kepuasan Keywords: Fish, Consumers, Satifaction, Characteristics
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:39
Last Modified: 14 Feb 2023 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item
View Item