PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA = The effect of customer relationship marketing and customer value on customer loyalty at the Sheikh Yusuf Hospital, Gowa Regency


Suryadi, Suryadi (2022) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA = The effect of customer relationship marketing and customer value on customer loyalty at the Sheikh Yusuf Hospital, Gowa Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181063_tesis_07-11-2022 cover1.png

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181063_tesis_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181063_tesis_07-11-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181063_tesis_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

SURYADI. Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa (Dibimbing oleh Syahrir A Pasinringi dan Abdul Rahman Kadir). Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer relationship marketing dan customer value terhadap customer loyalty di rumah sakit syekh yusuf kabupaten gowa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study Pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah pasien berjumlah 154 responden. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty, ada pengaruh Customer Value terhadap Customer Loyalty, dan
Customer Relationship Marketing adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap Customer Loyalty. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar meningkatkan penggunaan strategi dari alat-alat bantu promosi (promotions mix) khususnya strategi public relations yang dilakukan rumah sakit melalui program Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas dari pelanggan.

Keywords : Customer Relationship Marketing, Customer Value, Customer Loyalty, Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Marketing, Customer Value, Customer Loyalty, Patients, Hospitals
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:19
Last Modified: 10 Feb 2023 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item
View Item