Suryadi, Suryadi (2022) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA = The effect of customer relationship marketing and customer value on customer loyalty at the Sheikh Yusuf Hospital, Gowa Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K012181063_tesis_07-11-2022 cover1.png
Download (122kB) | Preview
K012181063_tesis_07-11-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
K012181063_tesis_07-11-2022 dp.pdf
Download (4MB)
K012181063_tesis_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
SURYADI. Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa (Dibimbing oleh Syahrir A Pasinringi dan Abdul Rahman Kadir). Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer relationship marketing dan customer value terhadap customer loyalty di rumah sakit syekh yusuf kabupaten gowa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study Pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah pasien berjumlah 154 responden. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty, ada pengaruh Customer Value terhadap Customer Loyalty, dan
Customer Relationship Marketing adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap Customer Loyalty. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar meningkatkan penggunaan strategi dari alat-alat bantu promosi (promotions mix) khususnya strategi public relations yang dilakukan rumah sakit melalui program Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas dari pelanggan.
Keywords : Customer Relationship Marketing, Customer Value, Customer Loyalty, Pasien, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Marketing, Customer Value, Customer Loyalty, Patients, Hospitals |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 06:19 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 06:19 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24844 |