EFEKTIVITAS PROGRAM DIABETES SELF-MANAGEMENT EDUCATION (DSME) DAN INTERVENSI DIABETES BERBASIS KELUARGA TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES TIPE 2 = THE EFFECTIVENESS OF DIABETES SELF-MANAGEMENT EDUCATION (DSME) PROGRAMS AND FAMILY-BASED DIABETES INTERVENTIONS ON QUALITY OF LIFE FOR TYPE 2 DIABETES PATIENTS


Juddin, Diah Rismayani (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM DIABETES SELF-MANAGEMENT EDUCATION (DSME) DAN INTERVENSI DIABETES BERBASIS KELUARGA TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES TIPE 2 = THE EFFECTIVENESS OF DIABETES SELF-MANAGEMENT EDUCATION (DSME) PROGRAMS AND FAMILY-BASED DIABETES INTERVENTIONS ON QUALITY OF LIFE FOR TYPE 2 DIABETES PATIENTS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181033_tesis_07-11-2022 cover1.png

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181033_tesis_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181033_tesis_07-11-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181033_tesis_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Diabetes merupakan masalah kesehatan yang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Upaya perawatan diri dan kerjasama keluarga diperlukan untuk mengurangi beban yang diakibatkan dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas program DSME dan intervensi diabetes berbasis keluarga terhadap kualitas hidup penderita diabetes tipe 2.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one-group pre and post test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien diabetes melitus tipe 2 yang memiliki catatan rekam medik dan bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. Sampel berjumlah 54 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji T dependen dan uji T independen.
Hasil penelitian menunjukkan program DSME terbukti efektif meningkatkan kualitas hidup dan seluruh domain kualitas hidup. Intervensi diabetes berbasis keluarga efektif meningkatkan kualitas hidup dan domain psikologis dan kondisi lingkungan. Tidak terdapat perbedaan kualitas hidup antara intervensi DSME dan intervensi berbasis keluarga di Puskesmas Aeng Towa sebelum dan setelah intervensi. Hal ini dikarenakan baik intervensi DSME maupun intervensi diabetes berbasis keluarga keduanya memberikan peningkatan kualitas hidup bagi penderita diabetes tipe 2. Program ini dapat diterapkan di fasilitas pelayanan kesehatan lainnya sebab mampu meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes tipe 2.

Keywords : Diabetes Melitus, Kualitas Hidup, Diabetes Self-Management Education, Intervensi, Keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Kualitas Hidup, Diabetes Self-Management Education, Intervensi, Keluarga.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:17
Last Modified: 10 Feb 2023 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24840

Actions (login required)

View Item
View Item