FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS PALLANGGA KABUPATEN GOWA = Factors Related to The Performance of Health Personnel at Pallangga Public Health Center Gowa Regency


Mawaddah, Mahirah (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS PALLANGGA KABUPATEN GOWA = Factors Related to The Performance of Health Personnel at Pallangga Public Health Center Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181385_skripsi_07-11-2022 cover1.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181385_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181385_skripsi_07-11-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181385_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kinerja pegawai dalam sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh positif terhadap tercapainya visi dan misi dari sebuah organisasi tersebut. Kinerja tenaga kesehatan di puskesmas dapat berjalan dengan baik apabila dalam penataan organisasi tenaga kesehatan di tempatkan pada bidang tugas yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya. Ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap kinerja yaitu faktor individu, faktor psikologis dan faktor organisasi. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas Pallangga Kabupaten Gowa. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah seluruh petugas kesehatan yang bekerja di Puskesmas Pallangga. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode total sampling dimana 55 PNS dijadikan sampel penelitian. Hasil: Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara masa kerja, sikap dan reward sistem terhadap kinerja. Masa kerja (p=0,000) dengan demikian dapat dikatakan ada hubungan dengan kinerja petugas kesehatan. Pada variabel sikap (p=0,001) menunjukkan ada hubungan dengan kinerja petugas kesehatan. Dan reward sistem (p=0,000) menunjukkan ada hubungan dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas Pallangga. Kesimpulan : Penelitian yang dilakukan di Puskesmas Pallangga tentang faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu adanya hubungan masa kerja, sikap, dan reward sistem terhadap kinerja petugas kesehatan yang ada di puskesmas Pallangga. Adapun saran bagi pihak puskesmas Pallangga diharapkan untuk memberikan reward sistem kepada petugas kesehatan yang memiliki kinerja yang baik, seperti mendapatkan imbalan diluar gaji agar memotivasi petugas kesehatan sehingga kinerja dapat ditingkatan.

Keywords : Tenaga Kesehatan; Kinerja; Puskesmas;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Health personnel, Performance, and Public Health Center
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:56
Last Modified: 10 Feb 2023 02:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24793

Actions (login required)

View Item
View Item