Analisis Daya Saing Karet Alam Indonesia Dalam Perdagangan Internasional = Competitiveness analysis of Indonesian Natural Rubber in International Trade.


Fadhilah, Alfirah (2022) Analisis Daya Saing Karet Alam Indonesia Dalam Perdagangan Internasional = Competitiveness analysis of Indonesian Natural Rubber in International Trade. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181047_skripsi_12-08-2022 cover1.png

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181047_skripsi_12-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181047_skripsi_12-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181047_skripsi_12-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan ekonomi dunia yang semakin maju memaksa setiap negara untuk mengikuti arus perekonomian global. Kegiatan Ekspor dalam perdagangan internasional memiliki peran penting dalam perekonomian negara. Sektor perkebunan Indonesia berperan dalam kegiatan ekspor, karet menjadi komoditas unggulan ekspor perkebunan Indonesia. Fakta bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan produktivitas terbesar karet memberikan Indonesia potensi dan peluang dalam perdagangan internasional. Meningkatnya industri otomotif dan kendaraan bermotor di pasar dunia menyebabkan makin tingginya permintaan karet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis daya saing melalui keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif karet alam Indonesia di negara tujuan ekspor yakni Amerika Serikat, Jepang, China, India, dan Korea Selatan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) digunakan untuk mengukur keunggulan komparatif, dan Export Product Dinamics untuk mengukur keunggulan kompetitif, serta analisis X-Model Potential Export untuk melihat potensi pengembangan komoditas di negara tujuan ekspor. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis RCA menunjukkan karet alam Indonesia memiliki keunggulan komparatif di masing-masing negara tujuan ekspor yaitu Amerika Serikat, Jepang, China, India, dan Korea Selatan ditunjukkan dengan nilai RCA yang berada di atas satu sehingga karet alam Indonesia memiliki daya saing yang kuat di negara tujuan ekspor. Hasil perhitungan EPD menunjukkan karet alam Indonesia hanya memiliki keunggulan kompetitif di negara Amerika Serikat. Serta analisis X Model Potential Export Product menunjukkan potensi pengembangan karet alam Indonesia yang optimis ke negara Amerika Serikat, Potensial untuk negara China, India, dan Korea Selatan, namun kurang potensial untuk negara Jepang.

Keywords : Ekspor, Indonesia, Karet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekspor, Indonesia, Karet
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:25
Last Modified: 06 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item
View Item