PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA DODOL PANGI (Studi Kasus pada UKM Mekar Sari KUP Waepute, Desa Gattareng Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan) = DODOL PANGI BUSINESS MARKETING DEVELOPMENT (Case Study on UKM Mekar Sari KUP Waepute, Gattareng Village, Marioriwawo District, Soppeng Regency, South Sulawesi Province)


Risal, Risma Yana (2022) PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA DODOL PANGI (Studi Kasus pada UKM Mekar Sari KUP Waepute, Desa Gattareng Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan) = DODOL PANGI BUSINESS MARKETING DEVELOPMENT (Case Study on UKM Mekar Sari KUP Waepute, Gattareng Village, Marioriwawo District, Soppeng Regency, South Sulawesi Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181021_skripsi_12-08-2022 COVER1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181021_skripsi_12-08-2022 1-2.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181021_skripsi_12-08-2022 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181021_skripsi_12-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan pada UKM Mekar Sari KUP Waepute, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng yang bertujuan untuk mencapai sasaran belajar yang terdiri dari tiga aspek. Aspek pengetahuan yaitu mengetahui situasi usaha, persoalan-persoalan yang dihadapi dan tindakan-tindakan perencanaan yang perlu diambil. Aspek keterampilan yaitu mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat, mengidentifikasi persoalan-persoalan dan merumuskan tindakan-tindakan perencanaan yang perlu di ambil. Aspek sikap terdiri dari Menghargai kerjasama yang terjalin, menghargai upaya yang dilakukan UKM Mekar Sari KUP Waepute dalam membangun usaha dan memetik hikmah sebagai pengalaman belajar selama melaksanakan penelitian. Pengembangan pemasaran usaha dodol pangi dianalisa dengan menggunakan pendekatan Analisis Permasalahan dan Pengembangan Agrosistem (APPAS) yang menitikberatkan peneliti untuk terlibat langsung dalam proses yang terjadi dalam usaha sehingga peneliti mampu mengetahui permasalahan secara mendalam dalam usaha tersebut. Tindakan pengembangan pemasaran usaha dodol pangi dapat dilakukan melalui pelatihan yang diikuti oleh SDM pemasaran terkait digital marketing, mencantumkan label halal, komposisi, nilai gizi dan tanggal expired pada kemasan produk, serta melakukan pengadaan alat eletrik

Keywords : APPAS, Dodol Pangi, Pemasaran, Pengembangan, Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APPAS, Dodol Pangi, Marketing, Development, Business
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:37
Last Modified: 06 Feb 2023 00:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item
View Item