Analisis Saluran Distribusi Beras Pada Pabrik Penggilingan Padi PB. MADANI di Kabupaten Sidenreng Rappang = Rice Distribution Channels Analysis At The Ric Mill MADANI In Sidenreng Rappang Regency Supervisor


Fauziah, Nurul (2022) Analisis Saluran Distribusi Beras Pada Pabrik Penggilingan Padi PB. MADANI di Kabupaten Sidenreng Rappang = Rice Distribution Channels Analysis At The Ric Mill MADANI In Sidenreng Rappang Regency Supervisor. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181019_skripsi_27-06-2022 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181019_skripsi_27-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181019_skripsi_27-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181019_skripsi_27-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang Peran sektor pertanian dalam perekonomian sangat besar terhadap pembentukan PDB Nasional.Oleh karena itu banyaknya produk pertanian yang hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan perekonomian Indonesia.Terdapat disparitas dan fluktuasi harga beras yang hanya memberikan keuntungan yang besar bagi para pedagang dan memperkecil keuntungan bagi para petani, serta menambah biaya yang harus dibayar oleh konsumen.Namun dalam pemasaran dan pendistribusian produk pertanian tersebut terdapat beberapa permasalahan khususnya pada saluran distribusi beras di Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu mekanisme distribusi yang tidak diatur dalam kebijakan daerah sehingga saluran distribusi menjadi lebih panjang yang berpotensi menimbulkan praktek permainan harga antar instansi pemasaran yang terlibat dalam saluran distribusi.Tujuan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui saluran distribusi beras, besar margin dan efisiensi pemasaran pada pabrik penggilingan PB. Madani di Kabupaten Sidenreng Rappang Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan penulis adalah data primer yaitu gambar saluran distribusi, komponen biaya, margin dan efisiensi pemasaran dari hasil penelitian dan wawancara dengan pabrik penggilingan padi PB.Madani.Dengan menggunakan metode analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif untuk menghitung berapa jumlah margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran distribusi di pabrik penggilingan padi PB.Madani dan hasil margin pemasaran di setiap saluran distribusi dengan tingkat efisiensi yang berbeda-beda.Ketiga saluran distribusi pada pabrik penggilingan padi PB. Madani telah efisien karena total biaya lebih kecil daripada total nilai produk.

Keywords : PB. Madani, Saluran Distribusi, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PB. Madani, Distribution Channel, Marketing Margin, Marketing Eficiency
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:32
Last Modified: 06 Feb 2023 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24588

Actions (login required)

View Item
View Item