STRATEGI PENGEMBANGAN CHIP PORANG PT. PATTALASSANG LAND FARM DI KABUPATEN GOWA = PORANG CHIP DEVELOPMENT STRATEGY PT. PATTALASSANG LAND FARM IN GOWA DISTRICT


Rahman, Muhammad Zarkasih (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN CHIP PORANG PT. PATTALASSANG LAND FARM DI KABUPATEN GOWA = PORANG CHIP DEVELOPMENT STRATEGY PT. PATTALASSANG LAND FARM IN GOWA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21115320_skripsi_09-05-2022 cover1.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21115320_skripsi_09-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21115320_skripsi_09-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21115320_skripsi_09-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang, porang merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan sebagai komoditi ekspor karena beberapa negara membutuhkan tanaman ini sebagai bahan makanan maupun bahan industri. Data sistem otomasi perkarantinaan Indonesia Full Automation System, menunjukkan bahwa selama dua tahun terakhir ekspor konjac chips mengalami peningkatan tiap tahunnya. Ekspor porang baik dalam bentuk chip porang, tepung, umbi baik dalam bentuk irisan atau tidak mencapai volume 10.931 ton. Dengan potensi tersebut perlu untuk dikelola secara optimal guna memenuhi kebutuhan pangan nasional. Umbi porang ini diharapkan bisa menjadi pilihan bahan pangan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui sistem pengelolaan bahan baku, produksi, dan pemasaran chip porang PT. Pattalassang Land Farm di Kabupaten Gowa serta untuk merancang strategi pengembangan chip porang PT. Pattalassang Land Farm di Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SWOT melalui wawancara dan pengisian kuesioner pendahuluan. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu PT Pattalassang Land Farm dalam mengelolah perusahaan yaitu dengan kegiatan produksi diantaranya pengadaan bahan baku yang kemudian dilakukan berbagai proses hingga siap untuk dipasarkan. Proses pemasaran hasil olahan PT Pattalassang Land Farm dilakukan melalui media sosial yang bertujuan untuk mendapatkan pasar internasional. Adapun strategi pengelolaan industri porang PT Pattalassang Land Farm yaitu strategi S-O dilakukan dengan penambahan mitra dalam penyediaan bahan baku, strategi W-O dilakukan dengan meningkatkan kualitas teknologi perusahaan serta pemanambahan sdm, strategi S-T dapat dilakukan dengan membudidayakan porang dan menjaga hubungan dengan relasi serta strastegi W-T dilakukan dengan memanagement proses pemasaran dan penyediaan bahan baku secara optimal.

Keywords : Chip Porang; Strategi Pengembangan; Analisis SWOT;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Chip Porang; Development Strategy; SWOT analysis
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:25
Last Modified: 03 Feb 2023 05:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item
View Item