PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SMP IT AL-ISHLAH MAROS) = USE OF SCRABBLE MEDIA IN LEARNING ARABIC VOCABULARY (CASE STUDY IN SMP IT AL-ISHLAH MAROS)


Maulida, Indah (2022) PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SMP IT AL-ISHLAH MAROS) = USE OF SCRABBLE MEDIA IN LEARNING ARABIC VOCABULARY (CASE STUDY IN SMP IT AL-ISHLAH MAROS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F41115303_skripsi_05-08-2022 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F41115303_skripsi_05-08-2022 1-2.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F41115303_skripsi_05-08-2022 dp.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F41115303_skripsi_05-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

INDAH MAULIDA. 2022 “Penggunaan Media Scrabble Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Di SMP IT Al-Ishlah Maros)”. Di bawah bimbingan Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Dr. Andi Agussalim, S.S, M.Hum.
Skripsi ini membahas masalah Penggunaan Media Scrabble Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab ( Studi Kasus Di SMP IT Al-Ishlah Maros). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan media yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab, mendeskripsikan cara penggunaan media pembelajaran Scrabble, dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Scrabble pada peserta didik kelas VII Di SMP IT Al-Ishlah Maros.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), dalam hal ini peneliti terlibat langsung dalam penerapan media pembelajaran. Ada beberapa metode pengumpulan data yang digunakan, mulai dari metode observasi, pre test sebelum penerapan media pembelajaran, post test setelah penerapan media Scrabble, dan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis ststistik dan analisis paired sampel T test yang terdapat dalam program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab adalah buku paket, dan LCD. Adapun penerapan media pembelajaran scrabble dilakukan dengan cara peserta didik dibagi ke dalam dua kelompok, setiap kelompok mendapat kepingan huruf. Kemudian peneliti mengintruksikan kepada peserta didik untuk menempelkan kepingan huruf di papan scrabble yang telah disiapkan oleh peneliti. Hasil penerapan media pembelajaran scrabble menunjukkan bahwa kelas VII.B SMP IT Al-Ishlah Maros mengalami peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab berdasarkan hasil uji T test.

Keywords : Penggunaan media, Scrabble dan kosakata bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media use, Scrabble and Arabic vocabulary
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:24
Last Modified: 26 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24265

Actions (login required)

View Item
View Item